header pta Baru

Pembinaan Mental dan Kultum 'Keajaiban Istighfar'

Written by Erf on . Posted in Berita Utama

Written by Erf on . Hits: 612Posted in Berita Utama

Pembinaan Mental & Kultum: 'Keajaiban Istighfar'

WhatsApp Image 2023-11-20 at 08.34.09.jpeg

Palangka Raya || Senin, 20 November 2023

Seluruh aparatur PTA Palangka Raya melaksanakan Pembinaan Mental dan Kultum bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Acara dibuka oleh Lisnawati, S.H. selaku pembawa acara. Acara yang pertama yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an Surah Ali-Imran Ayat 159 oleh Panitera Pengganti, Bapak H. Muhammad Sidik, S.H., M.H. Acara dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit yang disampaikan oleh Kepala Bagian Umum & Keuangan, Bapak Mursidi, S.H. dengan tema kultum kali ini Keajaiban Istighfar. 

Salah satu jenis zikir yang sangat dianjurkan untuk diperbanyak dan dikerjakan secara rutin adalah istighfar. Allah SWT menganjurkan hamba-hamba-Nya untuk selalu beristighfar karena manusia tidak pernah luput dari khilaf dan dosa. 

وَّاَنِ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَّتَاعًا حَسَنًا اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّيُؤْتِ كُلَّ ذِيْ فَضْلٍ فَضْلَهٗ ۗوَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيْرٍ

Artinya : Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (Kiamat). (QS. Hud ; 3)

WhatsApp Image 2023-11-20 at 08.34.08.jpeg

WhatsApp Image 2023-11-20 at 08.34.08 (1).jpeg

Tidak hanya untuk memohon ampunan, istighfar juga memiliki banyak keutamaan lain jika diamalkan. Bahkan banyak sekali kisah tentang keajaiban Istighfar salah satunya yaitu kisah Imam Ahmad Bin Hambal dan Penjual Roti. Suatu ketika, Imam Ahmad sangat ingin pergi ke Negeri Syam namun anehnya Beliau sama sekali tidak memiliki tujuan yang jelas kenapa ia ingin pergi ke tempat itu. Sesampainya di Syam, Imam Ahmad berhenti untuk menunaikan shalat sambil membaca Al-Qur’an. Setelah habis malam, Imam Ahmad ingin tidur dan beristirahat di masjid tersebut. Namun Beliau diusir oleh marbot, bahkan tidak diizinkan untuk duduk di teras masjid dan didorong hingga menuju jalanan.

Saat Imam Ahmad berjalan, ada tukang roti yang rumahnya tidak jauh dari masjid melihat kondisi tersebut. Tukang Roti tersebut menawarkan rumahnya untuk menjadi tempat singgah Imam Ahmad. Saat tukang roti menyiapkan bahan-bahan untuk toko rotinya Imam Ahmad kagum dan juga heran dengan apa yang dilakukan tukang roti tersebut yakni dzikir dan istighfar yang terus diucapkan tanpa putus sejak awal ia membuat adonan roti. Penjual roti kemudian menjelaskan, "Sejak berdzikir ini tidak ada hajat yang saya minta, kecuali pasti dikabulkan Allah. Semua yang saya minta Allah langsung terima, semua dikabulkan Allah kecuali satu, masih satu yang belum Allah belum kabulkan. Saya meminta kepada Allah supaya dipertemukan dengan Imam Ahmad."

Seketika, Imam Ahmad mengucap takbir setelah mendengar pengakuan sang penjual roti. Ia berkata: "Allahu Akbar! Allah telah mendatangkan saya jauh dari Baghdad pergi ke Bashrah dan bahkan sampai didorong oleh marbot masjid sampai ke jalanan, ternyata karena istighfar dan doamu.” Kisah ini menjadi hikmah bahwa istigfar akan membawa kelapangan dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Seperti dalam sebuah riwayat:

من أكثر من الاستغفار جعل الله له من كل هي فرجا ومن كل ضيق مخرجا ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya: "Barang siapa memperbanyak istigfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya)

Acara selanjutnya yaitu pembinaan dari Panitera Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Heri Eka Siswanta, S.H., M.H. yang menjelaskan terkait akan diadakannya DDTK (Diklat Di Tempat Kerja) yang awalnya akan dilaksanakan mulai minggu ke-3 November 2023 dijadwalkan ulang menjadi akhir bulan November 2023 menyesuaikan jadwal pimpinan PTA Palangka Raya. DDTK ini meliputi monitoring dan evaluasi laporan-laporan pada aplikasi SIPP dan Kinsatker satker di tingkat pertama. Poin kedua yang disampaikan yaitu sampai bulan November ini Kepaniteraan sudah menjalankan Tupoksinya dengan baik, total perkara yang masuk ada 18 Perkara.

Acara ditutup dengan Pembinaan oleh Plh. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Dr. Mustar, M.H. yang mengingatkan seluruh aparatur PTA Palangka Raya untuk lebih bijak dalam bersosial media di era politik saat ini. Pose saat berfoto tidak boleh mengandung unsur politik. Untuk membangun semangat ZI di wilayah PTA Palangka Raya harus diciptakan Mars PTA Palangka Raya yang kemudian di upload pada sosial media.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media