PTSP
Dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan pengadilan serta meningkatkan kepuasan masyarakat pencari keadilanDitjen Badilag menerapkan program pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) kepada pengadilan tingkat banding dan pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama.
PTSP adalah pelayanan administrasi peradilan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses yang dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian panjar biaya perkara, hingga penyerahan/ pengambilan produk pengadilan melalui layanan satu pintu. PTSP dibentuk dan dioperasionalkan dengan tujuan :
- Mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan baya ringan;
- Memberikan pelayanan administrasi yang mudah, pasti, terukur dan bebas dari korupsi kepada pengguna layanan;
- Menjaga independesi dan imparsialitas aparatur pengadilan.
Layanan pokok PTSP di lingkungan peradilan agama meliputi permohonan informasi; pendaftaran perkara, pembayaran biaya; penyerahan produk pengadilan; dan pengajuan keluhan / pengaduan.
Sedangkan untuk layanan penunjang PTSP dilakukan oleh Penyedia Jasa Eksternal, meliputi Posbakum; Bank; PT Pos dan pihak lainnya yang telah mengadakan kerja sama secara resmi dengan Pengadilan.
Performance Petugas Pelayanan Meja PTSP PTA Palangka Raya
Pada tahun 2021 Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya dan Pengadilan Agama se Kalimantan Tengah terus berbenah dalam upaya meningkatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pada tiap triwulan PTA Palangkaraya memonitoring dan mengevaluasi setiap perkembangan satuan kerja dibawahnya dalam peningkatan pelayanan terpadu satu pintu serta melaporkan setiap triwulanya ke Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI.
1. Implementasi PTSP
Dalam rangka mengetahui implementasi PTSP di lingkungan peradilan agama se Kalimantan Tengah sekaligus mengetahui satker yang telah mengimplementasikan dan menerapkan pelayanan melalui PTSP dengan baik, pada setiap triwulan PTA Palangkaraya meminta setiap satuan kerja dibawahnya untuk menilai secara mandiri Pelayanan Terpadu Satu Pintu masing-masing satuan kerja sehingga pengadilan tingkat banding dapat mengukur sampai sejauh mana keberhasilan implementasi PTSP maupun kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi PTSP. Adapun kriteria penilaian PTSP meliputi :
- Tata latak dan desain PTSP
- Fasilitas PTSP
- Sarana Penjunjang PTSP
- Layanan inti PTSP
- Layanan pendukung PTSP
- Prosedure layanan dalam PTSP
- Performa petugas PTSP
Monitoring dan Evaluasi Capaian Implementasi PTSP di Peradilan Agama se Kalimantan Tengah
No |
Pengadilan |
CAPAIAN IMPELEMENTASI PTSP |
Capaian Akhir |
||||||
Penempatan dan Desain PTSP |
Fasilitas PTSP |
Sarana Penunjang PTSP |
Layanan Inti PTSP |
Layanan Pendukung PTSP |
Prosedur Layanan Dalam PTSP |
Performas Petugas PTSP |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
1 |
PTA Palangka Raya |
100% |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
2 |
PA. Palangka Raya |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100 % |
3 |
PA. Kuala Kapuas |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
4 |
PA. Sampit |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
5 |
PA. Buntok |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100% |
100 % |
6 |
PA. MuaraTeweh |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100 % |
7 |
PA. Kasongan |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
8 |
PA. Nanga Bulik |
83 % |
100 % |
100 % |
100 % |
67 % |
100 % |
100 % |
90 % |
9 |
PA. Pangkalan Bun |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
10 |
PA. Kuala Kurun |
100 % |
95 % |
100 % |
100 % |
67 % |
100 % |
100 % |
95 % |
11 |
PA. Sukamara |
100 % |
100 % |
1000 % |
100 % |
17 % |
100 % |
100 % |
86 % |
12 |
PA. Tamiang Layang |
100 % |
100 % |
100% |
100 % |
50 % |
100 % |
100 % |
86 % |
13 |
PA. Kuala Pembuang |
100 % |
100 % |
83 % |
100 % |
67 % |
100 % |
100 % |
93 % |
14 |
PA. Pulang Pisau |
100 % |
100% |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100 % |
100% |
2. Kondisi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Wilayah Pengadilan Agama se Kalimantan Tengah.
Semula layanan pengadilan diawali dari satu ruang ke ruangan yang lain, satu meja ke meja yang lain atau sistem meja I, II dan III, kondisi seperti ini sudah dianggap tidak efektif dan efesien dalam penerapannya, sehingga munculah sebuah terobosan baru yang dinamakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya dan 13 (tiga belas) Pengadilan Agama yang ada dibawahnya telah menerapkan sistem itu. Kondisi PTSP Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya/ Pengadilan Agama se Kalimantan Tengah saat ini dapat berjalan dengan baik, masyarakat pengguna pengadilan tidak lagi merasa kebingungan saat berada di kantor pengadilan, karena di pintu utama telah disambut/ diterima dan diarahkan kemana dan apa maksud tujuan mereka datang ke Pengadilan Tinggi Agama. PTSP Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya masih memerlukan penataan/ pembenahan sedemikian rupa, guna memberikan pelayanan yang lebih optimal lagi, menciptakan nuansa yang nyaman, tenang dan sejuk, baik oleh pengguna pengadilan maupun aparatur pengadilan itu sendiri.Semua itu memerlukan perhatian semua komponen serta tersedianya alokasi anggaran yang mencukupi.
- Dokumentasi Implementasi PTSP di Pengadilan Agama se Kalimantan Tengah
1 |
PTSP PTA PALANGKA RAYA |
|
|
|
|
|
||
2 |
PTSP PA PALANGKA RAYA |
|
|
|
|
|
||
3 |
PTSP PA PANGKALAN BUN |
|
|
4 |
PTSP PA MUARA TEWEH |
|
|
||
5 |
PTSP PA SAMPIT |
|
|
||
6 |
PTSP PA KUALA KAPUAS |
|
|
7 |
PTSP PA BUNTOK |
|
|
8 |
PTSP PA NANGA BULIK |
|
|
|
9 |
PTSP PA SUKAMARA |
|
|
|
10 |
PTSP PA KUALA PEMBUANG |
|
|
|
|
11 |
PTSP PA KASONGAN |
|
|
12 |
PTSP PA TAMIYANG LAYANG |
|
|
|
13 |
PTSP PA PULANG PISAU |
|
|
14 |
PTSP PA KUALA KURUN |
|
|