header pta Baru

Pembinaan Mental & Kultum 'Manusia Yang Bermanfaat'

Written by Erf on . Posted in Berita Utama

Written by Erf on . Hits: 668Posted in Berita Utama

Pembinaan Mental & Kultum: 'Manusia Yang Bermanfaat'

WhatsApp Image 2023-11-06 at 08.25.55 (1).jpeg

Palangka Raya || Senin, 6 November 2023

Seluruh aparatur PTA Palangka Raya melaksanakan Pembinaan Mental dan Kultum di minggu pertama bulan November 2023 bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Acara dibuka oleh Luberta Dwi Astuti, S.H. selaku pembawa acara. Acara yang pertama yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Panitera Pengganti, Bapak H. Said Harli, S.Ag. Acara dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit yang disampaikan oleh Panitera PTA Palangka Raya, Bapak Heri Eka Siswanta, S.H., M.H. dengan tema kultum kali ini Manusia Yang Bermanfaat. 

WhatsApp Image 2023-11-06 at 08.25.54.jpeg

WhatsApp Image 2023-11-06 at 08.25.55 (2).jpeg

Kultum ini merupakan kultum perdana Bapak Heri Eka Siswanta, S.H., M.H. setelah resmi dilantik sebagai Panitera Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya pada tanggal 1 November 2023. Beliau mengusung tema Manusia Yang Bermanfaat sesuai dengan salah satu hadits berikut:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Artinya :Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Nabi mengisyaratkan satu hal untuk menjadi manusia terbaik yakni memberi manfaat bagi manusia yang lain. Sehingga jika seseorang ingin menjadi yang terbaik maka hidupnya mesti bermanfaat bagi yang lain. Orang yang bermanfaat adalah orang yang berguna bagi orang lain. Dua syarat utama menjadi orang yang bermanfaat yakni memiliki sesuatu yang bermanfaat dan bersedia memberikan manfaat apa yang ia miliki kepada yang lain. Jika salah satunya tidak terpenuhi maka ia belum menjadi manusia terbaik. Sehingga, ‘memiliki’ saja namun tidak ‘memberi’ maka belum menjadi yang terbaik. Sebaliknya, mau memberi namun tidak ada yang dapat diberikan maka tidak akan terpenuhi juga. 

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

Artinya : “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ, ةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Artinya : “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

WhatsApp Image 2023-11-06 at 08.25.56.jpeg

Acara ditutup dengan pembinaan dari Plh. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Bapak Drs. H. Mashudi, M.H. yang mengingatkan seluruh aparatur untuk tetap bekerja dengan penuh tanggung jawab dan disiplin saat Pimpinan sedang Dinas Luar.

Menjadikan hidup bermanfaat dengan memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri karena apa yang kita tabur itu yang akan kita tuai. Semoga kita semua dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dimanapun kita berada. Aamiin…

Jika tidak bisa memberikan kebahagiaan maka jangan menyakiti orang lain

Jika belum berahlak mulia maka jangan memiliki hati yang busuk

Jika tidak bisa menghargai orang lain jangan memberikan nilai lebih untuk diri sendiri

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media