header pta Baru

Zoom Sosialisasi dan Informasi Hasil Pelatihan di Qatar

Written by Pengadilan Agama Kasongan on . Posted in Kasongan

Written by Pengadilan Agama Kasongan on . Hits: 156Posted in Kasongan

ZOOM SOSIALISASI DAN INFORMASI HASIL PELATIHAN DI QATAR

Kasongan, Pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023 dilaksanakan Zoom Sosialisasi Sosialisasi dan Informasi Hasil Pelatihan di Qatar yang dilaksanakan oleh Dirjen Badilag. Pengadilan Agama Kasongan mengikuti acara tersebut  di Media Center PA Kasongan yang diwakili oleh Ketua Pengadilan Agama Kasongan, Sholihin, S.Ag., M.H., Panitera Pengadilan Agama Kasongan, H. Muhamad Aini, S.Ag., Analis Perkara Peradilan, Muhammad Aljabbar Putra, S.H., dan Jurusita pengadilan Agama Kasongan, Mustafa Kamal, A.Md., AB. Acara yang dilaksanakan dalam agenda sharing ilmu terkait pelatihan yang telah oleh beberapa Hakim di Qatar terkait badan peradilan di Qatar khususnya terkait dengan teknis berperkara dan organisasasi peradilan.

Untitled_1212.png

Materi yang pertama disampaikan oleh Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI Bapak bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk “Berbagi ilmu dan pengalaman terkait sistem peradilan di Qatar baik secara sistem organisasi maupun teknis beracara”.

 Untitled_21_1.jpg

Materi yang pertama adalah pembahasan terkait hukum keluarga, investasi dan niaga pada peradlan qatar, dimana disampaikan bahwa pada pengadilan qatar tidak mengenal tentang harta bersama, kemudian tidak adanya ijin poligami karena poligami bisa dilakukan tanpa ijin pengadilan. Dalam pengadilan hanya memberikan isbat atas poligami.

Selanjutnya Materi tentang mediasi, proses mediasi peradilan di qatar memiliki peraturan, bahwa yang melakukan proses mediasi adalah tokoh atau pemuka agama bukan dari hakim itu sendiri. Metode ini dirasa cukup berjalan dengan baik karena proses mediasi di peradilan qatar memiliki tingkat keberhasilan sampai 70%. (MAP)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media