header pta Baru

Pembinaan Mental & Kultum 'Kebersihan Sebagian Dari Iman'

Written by Erf on . Posted in Berita Utama

Written by Erf on . Hits: 11611Posted in Berita Utama

Pembinaan Mental & Kultum: 'Kebersihan Sebagian Dari Iman'

WhatsApp Image 2023-11-13 at 08.33.38.jpeg

Palangka Raya || Senin, 13 November 2023

Seluruh aparatur PTA Palangka Raya melaksanakan Pembinaan Mental dan Kultum bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Acara dibuka oleh Arie Widya Sari, S.H. selaku pembawa acara. Acara yang pertama yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Panitera Pengganti, Bapak Ibramsyah, S.H. Acara dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit yang disampaikan oleh Sekretaris PTA Palangka Raya, Bapak Abdul Rifai, S.H.I, M.H.I. dengan tema kultum kali ini Kebersihan Sebagian Dari Iman. 

WhatsApp Image 2023-11-13 at 08.33.40.jpeg

الطهور شطر الإيمان

Artinya : “Bersuci merupakan sebagian dari Iman” (HR. Muslim: 328).

Ungkapan itu mengandung makna bahwa menjaga kebersihan merupakan bukti atau buah keimanan seorang muslim. Ada beberapa jenis bersih yang harus kita jaga :

1. Bersih Diri

Kebersihan dimulai dari diri sendiri. Jika hendak menghadap Allah dalam Shalat, kita diharuskan dalam keadaan suci dan bersih. Bersih diri, pakaian dan tempat. Aktifitas menjaga kebersihan diri diwajibkan dalam syariat, sebagaimana diungkapkan dalam Hadist Ath-thahuuru syatrul iiman yang artinya Bersuci/Thaharah itu sebagai dari iman.

Suci (Thahir) adalah keadaan tanpa najis/hadas, baik besar maupun kecil pada badan, pakaian, tempat, air dan sebagainya. Sedangkan bersuci merupakan aktifitas seseorang untuk mencapai kondisi suci, seperti berwudhu, tayyamum dan mandi junub.

2. Bersih Lingkungan

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, sebagimana ajaran mulia yang menyetarakan membuang sampah dengan sedekah, “Watumithul adza minathariqi shadaqah” yang artinya Memungut duri/sampah dijalan termasuk sedekah.

3. Bersih Hati

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Artinya : Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus. (QS. Al-Bayyinah : 5)

Bersihkan hati dengan ikhlas. Makna ikhlas adalah menjernihkan dan membersihkan hati dari segala sesuatu yang mengotorinya. Ikhlas adalah segala kecenderungan pada Allah, menjadikan keridhaan Allah sebagai alasan mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan.

4. Bersih Harta

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya : dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’. (QS. Al-Baqarah : 43)

Tazzkiyah, mensucikan harta dengan Zakat. Zakat (Pajak dalam Islam) adalah rukun ketiga dari rukun Islam. Secara harfiah Zakat berarti Tumbuh, Berkembang, Menyucikan atau Membersihkan. Zakat merupakan sarana membersihkan harta yang kita miliki karena sesungguhnya di sebahagian harta itu terdapat hak orang lain yang dititipkan melalui rezki yang kita peroleh. Dengan mengeluarkan zakat, harta menjadi bersih dan pemanfaatannya akan memberikan berkah yang lebih baik.

Rasakan betapa dekatnya Yang Maha Agung, lebih dekat dari pada detak jantung. Rasakan kehangatan dekapan-Nya, lebih hangat dari pada aliran darah.

WhatsApp Image 2023-11-13 at 08.33.40 (1).jpeg

Acara selanjutnya yaitu pembinaan dari YM. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Dr. H. Lutfi, S.H., M.H. yang menjelaskan terkait beberapa hal di bawah ini :

  1. Himbauan kepada seluruh aparatur PTA Palangka Raya untuk belajar menyampaikan kultum dan menjadi imam saat sholat karena salah satu persyaratan menjadi hakim adalah memiliki akhlakul karimah.
  2. Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H., YM. Hakim Agung Kamar Agama akan mengadakan seminar di Universitas Palangka Raya tanggal 15 November 2023. Diharapkan kepada Bapak Drs. H. Mashudi, M.H. untuk koordinasi dengan Unpar terkait time schedule YM Hakim Agung Kamar Agama agar dapat disambut oleh PTA Palangka Raya saat dating.
  3. Setelah dilakukan ekspose oleh Hakim Tinggi Pengawas Bidang minggu lalu, beberapa temuan sudah ditindaklanjuti salah satunya tempat parkir Wakil Ketua PTA Palangka Raya.
  4. Mouse untuk computer diruang tamu terbuka sudah rusak, bagian TU RT harap segera menggantinya.
  5. Terkait kedisiplinan hakim dan ketua PA se-Kalimantan Tengah akan dilakukan evaluasi oleh Ketua PTA Palangka Raya tiap bulan.
  6. Tes SKD Mahkamah Agung di wilayah Palangka Raya telah dilaksanakan tanggal 9-10 November 2023.

Kegiatan ditutup dengan pesan dari Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Abdul Rifai, S.H.I., M.HI. terkait Realisasi DIPA 01 & 04 PTA Palangka Raya yang sudah mencapai > 85% dan hasil rapat koordinasi di Biro Perencanaan dan Perlengkapan Mahkamah Agung RI, Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya mendapatkan anggaran biaya tambahan senilai -+ 600jt yang digunakan untuk pengadaan videotron dan kursi rapat -+ 100 buah.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media