header pta Baru

Pembinaan Mental & Kultum 'Indahnya Keragaman Dalam Kebersamaan'

Written by Erf on . Posted in Berita Utama

Written by Erf on . Hits: 317Posted in Berita Utama

Pembinaan Mental & Kultum: 'Indahnya Keragaman Dalam Kebersamaan'


WhatsApp Image 2023-10-30 at 08.36.07.jpeg

Palangka Raya || Senin, 30 Oktober 2023

Seluruh aparatur PTA Palangka Raya melaksanakan Pembinaan Mental dan Kultum di minggu terakhir bulan Oktober 2023 bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Acara dibuka oleh Elen Permana Dina Sukmasari, A.Md. selaku pembawa acara. Acara yang pertama yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an surah Al-Fil oleh Panitera Pengganti, Bapak H. Muhammad Sidik, S.H.,M.H., yang menjadi Juara Harapan III Putra dalam acara MTQ VII Korpri Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2023 Golongan Hafalan Surah Ali Imron. Acara dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit yang disampaikan oleh Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Ibu Dra. Aisyah, M.H.I. dengan tema kultum kali ini Indahnya Keragaman Dalam Kebersamaan.

WhatsApp Image 2023-10-30 at 08.31.56.jpegWhatsApp Image 2023-10-30 at 08.31.56 (1).jpeg

 

Manusia berasal dari satu keturunan yaitu Adam dan Hawa, dengan hidup berbangsa dan bersuku-suku tidak menjadikan alasan kita untuk terpecah belah. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang-orang yang bertaqwa sesuai dengan firman Allah berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al-Hujurat : 13)

Terdapat 2 (dua) Asbabun Nuzul diturunkannya ayat tersebut yaitu kisah Bilal dan Abu Hind. Kisah pertama terkait peristiwa Fathu Makkah, Bilal bin Rabah naik ke atas Ka'bah untuk mengumandangkan azan. Sebagian penduduk Makkah kaget dan bertanya-tanya mengapa budak hitam ini yang azan di atas Ka'bah? bahkan ada yang mengolok Bilal bin Rabah seperti burung gagak. Kisah kedua, Abu Hind merupakan bekas budak yang kemudian berprofesi sebagai hijamah. Hijamah (bekam) di kalangan orang Arab adalah pekerjaan rendahan. Nabi meminta kepada Bani Bayadhah untuk menikahkan salah satu putri mereka dengan Abu Hind akan tetapi mereka menolaknya dengan alasan Abu Hind bekas budak.

WhatsApp Image 2023-10-30 at 08.31.58.jpeg

Acara selanjutnya yaitu pembinaan dari YM. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Dr. H. Lutfi, S.H., M.H. yang menjelaskan terkait beberapa hal dibawah ini:

  1. Usulan mutasi dan promosi yang diusulkan di wilayah PTA Palangka Raya 90% sudah terpenuhi. Panitera PTA Palangka Raya mutase ke PTA Banten dan Panitera PTA Kupang mutasi ke PTA Palangka Raya.
  2. Pelantikan Panitera PTA Palangka Raya dan Panitera Pengganti pengadilan tingkat pertama akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2023. Pelantikan akan dihadiri oleh Ketua PTA Kupang.
  3. Jurusita PA Sukamara akan mutasi sebagai jurusita PA Palembang.
  4. Saat ini 7 Pengadilan Tingkat Pertama di wilayah PTA Palangka Raya sedang dalam tahap pembangunan Gedung kantor baru. PA Kasongan, PA Pulang Pisau dan PA Nanga Bulik tahun 2024 akan memasuki multi years contract dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh BPKP. Sedangkan 4 satker lainnya yaitu PA Kuala Kurun, PA Sukamara, PA Tamiang Layang dan PA Kuala Pembuang pada bulan Oktober 2023 telah melalukan peletakan batu pertama. Pembangunan ditargetkan akan selesai pada bulan Oktober 2024.
  5. Tanggal 2 November 2023 akan dilakukan expose hasil Pengawasan Bidang oleh Hakim Tinggi PTA Palangka Raya.

Acara ditutup dengan pembinaan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Drs. H. Tarsi, S.H., M.H.I. agar kita sebagai ASN khususnya aparatur PTA Palangka Raya dapat lebih bijak dalam bermedia sosial, tidak menyebarkan berita yang dapat menggiring opini publik terkait politik sehingga suasana dapat tetap kondusif hingga pemilu berlangsung. 

Sesuai dengan kandungan dalam Surah Al-Hujurat ayat 13 yang mengajarkan tentang kesetaraan, toleransi, dan kerjasama serta menghapuskan diskriminasi atau perbedaan perlakuan terhadap sesama manusia. Keragaman gunanya untuk saling mengenal, bekerja sama, dan memberikan manfaat, bukan saling menghina. Seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya turut mendoakan agar konflik antara Palestina dan Israel dapat segera berakhir dan Palestina mendapatkan kemerdekaannya.

اللَّهُمَّ أَعِزَّالْإِسْلَامَا وَ لْمُسلِمِين اللَّهُمَّ انْصُرْإِخْوَاننَاَ الْمُسلِمِين المُجَاهِدِينَ فِي فِلِسْطِين اللَّهُمَّ ثَبِّتْإِ يمَانَهُمْ وَأَ نْزِلِ السَّكِينَةَ عَلَىقُلُوبِهِم وَ وَحِّدْ صُفُوفَهُمْ اللَّهُمَّ أَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ اللَّهُمَّ دَمِّرِ لْيَهُودا وَ إِسْرَآئِل وَشَتِّتْ شَمْلَهُم وَ فَرِّقْ جَمْعَهُمْ اللَّهُمَّ انْصُرْ عَلَى المُجَاهِدِينَ أَعْدَائِنَا وَأَ عْدَاءَ الدِّين بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّحِمِينَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ

Artinya: Ya Allah, muliakanlah Islam dan kaum Muslimin, Ya Allah, tolonglah kaum Muslimin dan Mujahidin di Palestina, Ya Allah, teguhkanlah Iman mereka dan turunkanlah ketenteraman di dalam hati mereka dan satukanlah barisan mereka. Ya Allah, hancurkanlah kaum kuffar dan kaum musyrikin, Ya Allah, binasakanlah kaum Yahudi dan pasukan Israel dan cerai-beraikanlah kesatuan mereka. Ya Allah, menangkanlah kaum Mujahidin atas musuh kami musuh agama dengan Rahmat-Mu, Wahai Yang Maha Pengasih, Dan sampaikanlah Sholawat kami kepada Nabi Muhammad. Aamiin. Rubiah, H. (2023, Oktober 14). 8 Doa untuk Palestina. Diakses dari https://jabar.tribunnews.com/2023/10/14/8-doa-untuk-palestina-doa-untuk-saudara-muslim-yang-digempur-israel-lengkap-beserta-artinya

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media