header pta Baru

101. “Keutamaan Membaca Al-Quran pada Bulan Puasa” Kultum Hakim PA Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Posted in Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Hits: 357Posted in Kuala Kapuas

 

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Selasa 5 Maret 2022, Pengadilan Agama Kuala Kapuas sebagaimana biasanya sehabis sholat Dzuhur berjamaah di Mushola Ar-Raudhah dilanjutkan dengan kegiatan kultum atau siraman rohani, Kegiatan ini diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Kuala Kapuas.

Kultum kali ini disampaikan oleh salah satu Hakim Pengadilan Agama Kuala Kapuas Ahmad Rafuan, S.Sy., beliau menyampaikan tentang keutamaan membaca Al-Quran di bulan Puasa Ramadhan, sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW : "Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah baginya satu kebaikan. Satu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi)

Dan beliau juga tidak lupa mengingatkan, amalan-amalan yang didapatkan pada bulan Suci Ramadhan, amalan tersebut di antaranya banyak bersedekah, membaca Al Quran atau tadarus, sholat tarawih, dan i'tikaf sebagaimana dalam Hadist disebutkan "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim). (nv)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media