header pta Baru

Panmud Gugatan PA Pulang Pisau mengikuti Pelatihan English Effective Writing Batch 3

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 816Posted in Pulang Pisau

Panmud Gugatan PA Pulang Pisau mengikuti Pelatihan English Effective Writing Batch 3

 

Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Pulang Pisau, Kartini, S.H.I mendapatkan panggilan melalui surat Nomor: 228/Bld/S/2/2021 dengan perihal Pemanggilan Peserta Pelatihan online English Effective Writing Batch 3 dari tempat tugas tahun 2021. Surat tersebut dikeluarkan oleh Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI tertanggal 18 Februari 2021. Kartini S.H.I mendapatkan panggilan untuk mengikuti kegiatan tersebut tanpa melalui proses pendaftaran sebelumnya. Namun dikarenakan yang bersangkutan pernah menjadi peserta pada Pelatihan English Effective Presentation (EEP) pada tahun 2020 dan menjadi salah satu peserta terbaik dikelasnya saat itu.

Kegiatan English Effective Writing diselenggarakan pada tanggal 22 Februari hingga tanggal 2 Maret 2021 melalui zoom meeting setiap harinya. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Kumdil Mahkamah Agung RI  dengan bekerjasama dengan lembaga bahasa LIA Jakarta yang diikuti oleh 280 peserta yang dibagi kedalam 8 kelas yang terdiri dari Hakim, Pegawai Kesekretariatan dan Kepaniteraan. Panmud Gugatan PA Pulang Pisau, Kartini, S.H.I tergabung pada kelas ke 7 beranggotakan 35 peserta dari Kepaniteraan dan Kesekretariatan. English Effective Writing dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Yang menjadi guru/Teacher pada kelas 7 tersebut adalah Mr. Adri Adityo Wisnu dari LIA Bogor.

Berdasarkan pemaparan dari salah satu penanggung jawab kegiatan tersebut, Bonardo dari Pusdiklat Menpin MA mengatatakan bahwa “kami sangat meyakini bahwa pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta dikarenakan program pengembangan SDM Mahkamah Agung tahun 2020 s/d 2024 yaitu menuju Smart ASN, dimana setiap SDM MA-RI diharapkan fasih dalam berbahasa Inggris. Oleh karena ini itu kami mengharapkan bagi seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik. Pusdiklat Menpin MA RI juga telah diminta oleh setiap dirjen secara aktif agar bisa meningkatkan kualitas penggunaan bahasa asing kepada seluruh SDM peradilan, yang jika dimungkinkan akan digunakan juga saat fit and proper test dalam memenuhi jabatan di Pengadilan”. (yewtree)  

Dengan adanya surat panggilan tersebut, Kartini, S.H.I telah dengan aktif mengikuti kegiatan tersebut dengan baik disela-sela kesibukannya sebagai Panmud Gugatan yang juga merangkap sebagai kasir sekaligus diserahi tanggung jawab sebagai koordinator pada Area VI pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Satu kali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitulah gambaran aktivitas Kartini, S.H.I sejak tanggal 22 hingga tanggal 26 Februari yang telah lalu. Kegiatan tersebut masih akan berlangsung pada Senin dan Selasa atau 1 dan 2 Maret 2021. Didalam kelas Zoom tersebut banyak sekali diajarkan mengenai bagaimana menulis sebuah teks, khususnya teks Berbahasa Inggris dengan baik dan benar. “Selain mengasah kemampuan menulis, juga memperkaya wawasan, penambahan kosakata dan tentunya membangun rasa percaya diri, adalah manfaat dari pelatihan English Effective Writing tersebut” uangkap Kartini, S.H.I (yewtree)  

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media