header pta Baru

Sambut Tahun 2021, Pengadilan Agama Pulang Pisau Buat Kalender

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 689Posted in Pulang Pisau

Sambut Tahun 2021, Pengadilan Agama Pulang Pisau Buat Kalender

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritakalender.JPG

Indonesia tidak hanya memiliki keragaman budaya, suku, bangsa, atau etnis. Indonesia juga memiliki keragaman kalender di tiap daerah. Kalender yang pertama adalah kalender sunda, kalender jawa, kalender saka bali, kalender hijriyah, dan yang terakhir ialah kalender masehi.  Kalender masehi merupakan salah satu sistem penanggalan yang dibuat berdasarkan pada peredaran bumi mengelilingi matahari seperti yang kita ketahui nama-nama bulan dimulai dari Januari sampai Desember. Sedangkan sistem kalender hijriyah adalah salah satu sistem penanggalan yang disusun berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi. Mengapa disebut dengan kalender hijriyah? Karena kalender ini dimulai sejak hijrahnya Rasulullah Saw dari Mekkah ke Madinah. Berikut nama-nama bulan di kalender hijriyah Muharrom (محرم), Shafar (صفر), Rabi’ul Awwal (ربىع الأول), Rabi’ul Akhir (ربىع الأخر),  Jumadil Awal (جمادى الأول), Jumadil Akhir (جمادى الأخر), Rajab (رجب),  Sya’ban (شعبان), Ramadhan (رمضان), Syawwal (شوال), Dzulqo’dah (ذوالقاعدة),  Dzulhijjah (ذوالحجاة).

Memiliki kalender setiap tahunnya sepertinya sudah menjadi keharusan. Hal ini agar kita bisa mengatur waktu dan jadwal dengan baik. Sehingga kegiatan yang kita jalani juga berjalan dengan baik. Untuk itu kalender memiliki manfaat yang sangat penting diantaranya sebagai pengingat waktu, pengatur jadwal, dan menetapkan target.

Tahun 2021 adalah tahun pertama bagi Pengadilan Agama Pulang Pisau untuk membuat kalender tahunan dengan sebuah harapan bahwa tahun 2021 Pengadilan Agama Pulang Pisau harus bisa mencapai target-targetnya di tahun itu Rencananya kalender tersebut akan selesai dibuat awal tahun 2021. Tujuan dibuatnya kalender ini pula agar memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi suatu kebanggan bagi Keluarga besar Pengadilan Agama Pulang Pisau. Selain itu, kalender ini bisa menjadi cinderamata khususnya untuk Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya dan lainnya. Dengan adanya kalender yang akan dibagikan, diharapkan juga dapat meningkatkan efektivitas seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau dalam kinerja dan  senantiasa menjaga kedisiplinan dalam bekerja.

 

(Rab/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media