header pta Baru

Ini Dia Tim Editor, Sosok di Balik Layar Berita PA Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 850Posted in Pulang Pisau

Ini Dia Tim Editor, Sosok di Balik Layar Berita PA Pulang Pisau

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritabalik layar 1.jpg

Dibalik suatu berita, ternyata banyak pihak yang terlibat termasuk salah satunya editor atau penyunting. Sosoknya memang selalu ada dibalik layar. Kehadirannya juga kerap luput dari hiruk pikuk kehebatan sebuah berita. Tapi sesungguhnya editor adalah tulang punggung suksesnya kualitas berita. Bahkan melalui tangan dinginnya, editor berperan dalam menemukan dan mengembangkan talenta penulis bahkan bisa melejitkan nama penulisnya.

Editor bertanggung jawab terhadap keseluruhan fungsi penyuntingan (editing) pada suatu naskah. Tugasnya mencari, memperbaiki dan menerbitkan naskah tulisan maupun gambar pendukung. Tak heran kreativitasnya sangat diperlukan untuk memastikan pembaca senang dan nyaman membaca berita. Tugas yang tak kalah penting adalah menarik perhatian orang lain untuk membaca suatu berita saat baru melihat judul yang ditulis oleh penulisnya.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritabalik layar 2 ok.jpg

Saat ini arus informasi bergerak sangat cepat. Terlebih dengan adanya internet dan media sosial dimana siapa saja isa membuat berita tentang apa yang sedang terjadi secara real time. Namun ternyata hal tersebut tidak bisa dilakukan jika menyangkut dunia jurnalistik, karena setiap berita yang akan ditayangkan harus melalui proses editing oleh seorang editor. Walaupun kini banyak berita yang menggunakan bahasa santai dan tidak baku dalam penyampaian berita, namun editor tetap harus memeriksa penggunaan tata bahasa yang ada didalam sebuah berita. Beberapa kata yang biasanya diperiksa tata bahasanya oleh seorang editor adalah alamat, nama orang beserta jabatan yang dimilikinya, ataupun istilah yang ada dalam bahasa Indonesia. Dan ternyata, di balik banyaknya berita di PA Pulang Pisau, ada dua sosok di balik layar yang menjadi tim editor dalam penulisan berita rekan-rekan penulis berita PA Pulang Pisau. Sebut saja mereka yaitu Bapak Mulyadi Lc., M.H.I dan Ibu Nida Farhanah, S.Sy. 

Kedua orang hakim ini hampir setiap hari bekerjasama menjalankan tugas sebagai tim editor di samping menjalankan tugas utamanya. Walaupun pada dasarnya seluruh berita rekan-rekan penulis sudah baik, namun tim editor harus tetap bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap akurturasi kalimat, memeriksa tata bahasa, melihat gaya penulisan, mengatur pembagian tugas menulis berita, mengatur deadline dan tugas lainnya sebelum berita tersebut dimasukkan ke Website dan media sosial Pengadilan Agama Pulang Pisau, serta dikirim ke email PTA Palangka Raya.

Semoga tim redaksi Pengadilan Agama Pulang Pisau dapat selalu membuat berita-berita yang up to date berkaitan dengan kegiatan yang ada di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Hal yang penting juga semoga berita yang ditulis tidak hanya mengandalkan kuantitas, tetapi juga mengutamakan kualitasnya. 

(NF/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media