header pta Baru

Selain APM, Pengadilan Agama Pulang Pisau Juga Garap Ini

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 467Posted in Pulang Pisau

Selain APM, Pengadilan Agama Pulang Pisau Juga Garap Ini

358

Sambil menyelam minum air, itulah ibarat dari yang Pengadilan Agama Pulang Pisau kerjakan saat ini. Sembari menyelesaikan eviden Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau juga menggarap Zona Integritas (ZI). Meskipun pada dasarnya Pengadilan Agama Pulang Pisau belum mengikuti pelaksanaan Zona Integritas namun evidennya tetap harus dituntaskan dan implementasinya harus benar-benar dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Untuk menuju pembangunan Zona Integritas ini terlebih dahulu Pengadilan Agama Pulang Pisau melakukan pencanangan zona integritas pada tanggal 03 Juli 2019 yang dihadiri oleh KPTA Palangka Raya dan unsur Forkopimda yang ada di Kabupaten Pulang Pisau yaitu Bupati, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kapolres serta Dandim Kuala Kapuas.

358a

Dalam Zona Integritas ada 6 area yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Area I Manajemen Perubahan meliputi Tim Kerja, Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas, Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM, Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja,
  2. Area II Penataan Tata Laksana meliputi Prosdur Operational Tetap (SOP) Kegiatan Utama, E-Office dan Keterbukaan Informasi Publik
  3. Area III Penataan Sistem Manajemen SDM meliputi perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi, pola mutasi internal, pengembangan pegawai berbasis kompetensi, penetapan kinerja individu, penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai dan sistem informasi kepegawaian
  4. Area IV Penguatan Akuntablitas meliputi keterlibatan pimpinan dan pengelolaan akuntabilitas kinerja
  5. Area V Penguatan Pengawasan meliputi pengendalian gratifikasi, penerapan SPIP, pengaduan masyarakat, whistle blowing system dan penanganan benturan kepentingan.
  6. Area VI Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik meliputi standar pelayanan, Budaya pelayanan Prima dan penilaian kepuasan terhadap pelayanan.

Terakhir setelah semua berkas sudah tersedia maka akan dilaksanakan penilaian melalui lembar kerja evaluasi zona integritas. Diharapkan nilai yang dicapai meraih hasil yang maksimal demi mempersiapkan Pengadilan Agama Pulang Pisau menjadi Pengadilan Agama yang meraih predikat Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

(sau/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media