header pta Baru

PA Pulang Pisau Mengikuti Wicara Peluncuran Buku Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 582Posted in Pulang Pisau

PA Pulang Pisau Mengikuti Wicara Peluncuran Buku Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah

357

Jumat 23 Oktober 2020, Ketua, Wakil Ketua, dan Para Hakim PA Pulang Pisau mengikuti Peluncuran Buku Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah buah karya YM. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. Acara yang yang diselenggarakan oleh PT Bank BNI Syariah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI ini diselenggarakan pada pukul 09.00 s.d 11.30 WIB dan diikuti oleh para peserta yang terdiri dari para Hakim Agung, Hakim, Dosen, dan Mahasiswa baik yang menghadiri secara langsung maupun yang menyaksikan secara virtual melalui aplikasi zoom dan youtube.

Acara ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Direktur Utama BNI Syariah Bapak Abdullah Firman Wibowo. Sementara itu narasumber yang membahas dan membedah buku tersebut di antaranya Yang Mulia Bapak Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M (Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia), Bapak Prof. Dr. Mohamad Nur Yasin, S.H., M.Ag (Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Bapak Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H. (Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah) dan Ibu Tribuana Tunggadewi (Direktur Risiko dan Kepatuhan PT Bank BNI Syariah dengan dipandu oleh Bapak Nanang Bhaskara Wahyudi.

357a

Acara tersebut bertujuan untuk membedah buku yang telah ditulis dan dimaksudkan untuk melihat kelebihan dan hal-hal yang masih perlu untuk direvisi dari buku ini. Ada banyak kelebihan dari buku ini di antaranya yaitu judul buku terelaborasi secara baik dalam pendahuluan dan pembahasan, penulisan buku mengikuti trend kajian terkini, dilengkapi daftar istilah, dilengkapi dengan contoh penerapan teori tertentu dalam putusan PA, ada pengantar Ketua MA dan Ketua POSDHESI.

Dari beberapa kelebihan yang dimiliki, buku ini juga tidak terlepas dari beberapa redaksi penulisan yang sebaiknya perlu ditinjau ulang kembali. Namun hal ini tidaklah sebanding dari kelebihan yang dimilikinya. Karena dari beberapa panelis yang menanggapi buku ini, ternyata buku ini memiliki banyak kontribusi bagi para pembaca yaitu buku ini mengungkap secara holistik persoalan hukum perdata, memotret perkembangan baru hukum perikatan yaitu klausul keadaan sulit (hardship), kajian komparatif-komprehensif tentang wanprestasi PMH dan overmacht dalam penyelesaian sharia economic dispute, interkoneksi antara buku dan dinamika ekonomi syariah, menjadi panduan bagi hakim advokat notaris dan pelaku industri dalam penyelesaian SES, serta menjadi bahan kajian lanjutan akademisi hukum ekonomi syariah.

Pimpinan dan para hakim PA Pulang Pisau menyambut baik peluncuran buku ini. Bahkan masing-masing dari mereka langsung memesan buku yang telah diluncurkan oleh Ketua Kamar Agama ini untuk menambah khazanah keilmuan terutama di bidang Ekonomi Syariah. Semoga buku ini kelak dapat bermanfaat untuk semua kalangan terutama dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam menunjang tugas sebagai hakim dalam menangani sengketa Ekonomi Syariah.

 

(NF/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media