header pta Baru

Wakil Ketua PA Pulang Pisau Ikuti Webinar Hukum Acara Dan Eksekusi

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 456Posted in Pulang Pisau

Wakil Ketua PA Pulang Pisau Ikuti Webinar Hukum Acara Dan Eksekusi

Jumat (11/9/2020), Wakil Ketua PA Pulang Pisau Ibu Nur Izzah, S.H.I mengikuti Webinar Kajian Hukum dengan Topik “Seputar Hukum Acara & Eksekusi”. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Bapak Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H, M.H. Adapun kegiatan ini diikuti oleh 55 (lima puluh lima) peserta yang didominasi oleh hakim angkatan III secara virtual melalui aplikasi zoom.

Di tengah-tengah kesibukannya, Bapak Yamin Awie tetap bersemangat dalam menyampaikan materinya. Beliau juga memberikan apresiasi kepada para hakim angkatan III yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai motivasi, beliau juga mengajak peserta agar memperhatikan materi yang disampaikan demi meningkatkan pengetahuan hukum para hakim dalam memutus perkara.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 13.30 sampai dengan pukul 16.00 WIB ini sangat disayangkan jika tidak diikuti. Pasalnya, para peserta mendapatkan materi yang langsung disampaikan oleh Ketua PTA Surabaya. Dalam kesempatan ini beliau memberikan materi mengenai beberapa catatan dalam proses pemeriksaan dan penyelesaian perkara di Pengadilan Agama.

Penyampaian materi diawali oleh tahapan/proses perkara, proses mediasi, pembuktian, kemungkinan yang terjadi dalam proses jawab jinawab, diktum putusan, penyelesaian perkara dan eksekusi putusan, serta macam-macam eksekusi. Tidak lupa pula di akhir sesi, pemateri juga menyampaikan mengenai kehati-hatian dalam pembuatan BAS (Berita Acara Sidang) dan pengetikan putusan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar Panitera Pengganti dan Hakim lebih meningkatkan ketelitian dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Wakil Ketua PA Pulang Pisau Ibu Nur Izzah, S.H.I menyambut baik kegiatan ini. Selain dapat bersilaturahmi dengan rekan-rekan seperjuangan walaupun secara virtual, beliau juga mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Diharapkan dengan ilmu yang telah diperoleh dapat memperdalam khazanah keilmuannya dan dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat para pencari keadilan terutama dalam hal memutus perkara.

(NF/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media