header pta Baru

PA Pulang Pisau Mengikuti Webinar Penguatan dan Penegakkan Hukum Ekonomi Syariah Yang Berkeadilan Secara Virtual

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 626Posted in Pulang Pisau

PA Pulang Pisau Mengikuti Webinar Penguatan dan Penegakkan Hukum Ekonomi Syariah Yang Berkeadilan Secara Virtual

279

Rabu, 26 Agustus 2020 bertempat di ruang Media Center, Ketua PA Pulang Pisau Bapak Erpan S.H., M.H dengan didampingi oleh para Hakim Mulyadi, Lc., M.HI dan Nida Farhanah, S.Sy mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama bekerjasama dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah Yang Berkeadilan di Indonesia.” Acara yang dimulai tepat pada pukul 09.00 s.d 13.00 WIB ini diikuti kurang lebih sebanyak 3.000 peserta baik yang menghadiri secara langsung maupun yang menyaksikan secara virtual melalui aplikasi zoom dan youtube.

279a

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., MH. selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para hakim Peradilan Agama dalam mengadili sengketa ekonomi syariah di pengadilan, menyamakan persepsi para pelaku bisnis syariah atas penerapan hukum ekonomi syariah, meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan ekonomi syariah di Indonesia, serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah. Tidak hanya itu, acara ini juga dibuka langsung dan dilanjutkan dengan Opening Speech oleh Wakil Presiden Republik Indonesia yang juga sebagai Ketua DSN MUI Bapak Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dan Keynote Speech Ketua Mahkamah Agung RI Yang Mulia Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. yang menyampaikan mengenai peranan Mahkamah Agung dalam mendukung kemudahan berusaha di bidang ekonomi Syariah di Indonesia.

279b

Dalam webinar kali ini, para peserta yang terdiri dari para hakim dan aparatur Peradilan Agama seluruh Indonesia, praktisi perbankan, akademisi, pemerhati dan sebagainya mendapatkan materi yang langsung disampaikan oleh para ahli di bidang Ekonomi Syariah. Adapun narasumber dalam acara ini yaitu Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, SH., MH (Ketua MA RI Periode 2012-April 2020), Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. (Ketua Kamar Agama MA RI), Drs. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H (Dirjen Badilag MA RI), Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Ag (Wakil Ketua Pengurus Harian DSN MUI), dan Dr. H. Setiawan Budi Utomo, Lc., M.M (Deputi Direktur Grup Riset Sektor Jasa Keuangan Syariah OJK RI)

Selain penyampaian materi, webinar ini juga dibuka sesi dialog interaktif yang diantaranya ditanyakan langsung oleh Hakim Agung Dr. H. Yasardin, S.H., M. Hum, Ketua PTA Medan, dan Ketua PA Jakarta Pusat. Sehingga dengan dibukanya dialog interaktif ini para peserta yang hadir dapat langsung bertanya kepada para pemateri yang telah menyampaikan materinya jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan bersama.

Ketua dan para hakim PA Pulang Pisau menyambut baik webinar nasional kali ini. Semoga pengetahuan yang diperoleh dapat menambah khazanah keilmuan sehingga menunjang tugas kita sebagai hakim dalam menangani sengketa ekonomi Syariah.

(NF-Tim/Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media