header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 549Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

266

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Pada tahun-tahun sebelumnya pergantian tahun baru Islam di Indonesia disambut dan dirayakan oleh masyarakat dengan sukacita. Ada yang mengadakan pawai obor, karnaval, berbagai jenis perlombaan, membuat bubur asyura, zikir bersama, muhasabah akhir tahun, tabligh akbar dan aneka kegiatan menarik lainnya.

Namun pada tahun baru Islam di tahun ini terasa berbeda dari biasanya karena adanya pandemi covid 19. Namun meskipun demikian dalam hati umat Islam pergantian tahun baru hijriah ini tetap terasa dalam sanubari masing-masing. Walaupun mereka tidak bisa berkumpul bersama, akan tetapi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi setiap orang dapat membuka video taushiah maupun live streaming zikir bersama yang diadakan oleh ustdaz pilihan masing-masing.

Tanpa terasa tahun baru Islam sudah memasuki tahun yang ke 1442, berarti sudah 1442 tahun pula Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Mekah ke Kota Madinah. Dalam cerita sejarah, penyebab Beliau hijrah tersebut adalah untuk menghindari tekanan bertubi-tubi yang dilakukan oleh Kaum Kafir Quraisy kepada Beliau meskipun pada dasarnya Beliau berat meninggalkan kampung halamannya namun untuk kepentingan agama yang lebih baik Beliau rela meninggalkan semuanya.

Pengorbanan Rasulullah yang rela meninggalkan harta dan tanah kelahirannya merupakan sebuah pengorbanan besar yang Beliau lakukan demi kemaslahatan yang lebih utama. Sudah seharusnya sebagai umatnya kita meniru beliau dan menjadikan beliau sebagai panutan hidup. Hijrahnya Beliau tersebut sebagai simbol bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, begitu pula sebagai aparatur Pengadilan Agama dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita harus melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan selalu meningkatkan kompetensi diri baik dengan membaca maupun mengikuti pelatihan-pelatihan agar pengetahuan dan keterampilan kita semakin terasah dan piawai.

Dengan adanya pergantian tahun ini Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah. Semoga kita dapat hijrah menjadi pribadi yang lebih baik, meneladi sifat Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, hidup semakin berkah, sehat dan sukses selalu.

 

(Mul/Tim-Red)

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media