header pta Baru

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Ziarah Ke Makam Pahlawan Perintis Kemerdekaan

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 458Posted in Pulang Pisau

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Ziarah Ke Makam Pahlawan Perintis Kemerdekaan

261

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Warga negara yang baik adalah warga negara yang menghormati jasa para pahlawannya, karena berkat jasa perjuangan mereka kita dapat mereguk nikmatnya kemerdekaan hingga hari ini. Menghormati pahlawan tidak cukup hanya memuja namanya baik dengan menyebutnya atau melalui senandung lagu. Lebih dari itu kita harus mendoakannya dan merawat makamnya agar selalu terlihat rapi, indah dan bersih.

 

Salah satu cara yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk mengenang jasa para pahlawannya adalah melakukan ziarah ke makamnya, mendoakannya dan melakukan tabur bunga di atasnya. Adalah Erpan, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau yang berhadir langsung ke acara tersebut bersama Bupati dan Forum FKPD lainnya.

 

Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam rangka menyemarakkan peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Kegiatan ziarah dan tabur bunga di makam H. M. Sanusi ini berjalan dengan syahdu, khidmat dan tanpa hambatan. Sebelumnya diadakan upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dan dilanjutkan menonton upacara detik-detik ke-75 proklamasi di istana merdeka secara virtual.

Untuk diketahui H. M. Sanusi bersama Tjilik Riwut merupakan 2 orang pahlawan perintis kemerdekaan yang berasal dari Kalimantan Tengah. H. M. Sanusi berasal dari Kabupaten Pulang Pisau yang namanya diabadikan dan disematkan sebagai nama jalan dan stadion di Pulang Pisau. Ia merupakan pahlawan kebanggan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang namanya harum, selalu dikenang dan menjadi cerita turun temurun bagi seluruh generasi. Sudah selayaknya masyarakat yang tinggal dan berdomisili di Kabupaten Pulang Pisau menghormatinya dan menghargai jasa-jasanya. 

Dengan adanya kegiatan ziarah ke makam pahlawan ini semoga seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dapat meniru semangat kepahlawanan H. M. Sanusi dengan cara bekerja dengan gigih, membangun Kabupaten Pulang Pisau dengan sebaik-baiknya dan selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar negara Republik Indonesia tetap utuh, maju dan berwibawa.

 

(Mul/Tim-Red)

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media