header pta Baru

Tips Sukesnya Pembuatan Video Praktikum B UIN Antasari Banjarmasin Dalam Persidangan Semu Di PA Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 859Posted in Pulang Pisau

Tips Sukesnya Pembuatan Video Praktikum B UIN Antasari Banjarmasin Dalam Persidangan Semu Di PA Pulang Pisau

 227

Pulang Pisau, tidak dapat dipungkiri di era digital saat ini banyak menuntut konten agar tampilannya lebih dari sekedar teks atau grafik saja. Di sini konsep video berfungsi sebagai salah satu media komunikasi dalam menyampaikan gagasan yang lebih menarik. Konten yang disampaikan dalam sebuah video haruslah sederhana dan mudah dimengerti oleh penggunanya. Karena manusia sebagai makhluk visual, akan lebih mudah mengerti dan mendapatkan informasi jika melihat sesuatu yang hidup, bergerak dan bersuara.

Menyadari hal ini, diperlukan sebuah presentasi dalam bentuk video dimana terdapat gambar bergerak sekaligus suara yang diperlukan. Salah satu tips suksesnya pembuatan video praktikum B UIN Antasari yang dilaksanakan di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau selama 7 hari kerja dimulai dengan pencarian ide, membuat naskah, shooting, dan Produksi.

Ada beberapa tips suksenya pembuatan video yaitu:

  • Kenali perangkat, sebagai alat yang dipakai untuk merekam video, sudah barang tentu pengguna mesti mengenali kemampuan smartphone. Hal ini penting karena tak semua smartphone memiliki kemampuan yang setara soal perekaman video.
  • Buat rencana matang, karena perencanaan matang adalah kunci untuk membuat video yang menarik. Pertama adalah persiapan cerita yang kira-kira akan menarik, Kedua fokuskan pembuatan video pada cerita agar alurnya tetap relevan dengan inti utama cerita, Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi perekaman video. “Jadi, ketika sampai di sana, kita sudah tahu apa saja yang bisa diangkat. Ketiga, cari objek-objek yang bisa mendukung cerita dalam video. Komposisi dan sudut gambar pengambilan gambar yang menarik bisa mendukung ketertarikan penonton terhadap video. 
  • Siapkan perlengkapan,   Smartphone memang bisa digunakan untuk merekam secara spontan hanya dengan tangan. Namun hasil video bisa lebih maksimal apabila turut didukung perlengkapan tambahan.   Salah satu perlengkapan yang paling penting adalah tripod portable yang bisa dipakai untuk menstabilkan video rekaman smartphone, sekaligus membuatnya bisa diletakkan di satu tempat untuk waktu lama. Soal audio, perhatikan agar jari tangan tidak menutup mikrofon smartphone ketika merekam.
  • Gunakan imajinasi, Unsur imajinasi sangat penting dalam menghasilkan rekaman video yang menarik. Ada beberapa aspek dalam video yang bisa diperkaya lewat imajinasi kreator, seperti pergerakan kamera yang dinamis dan transisi antar lokasi dalam video.
  • Terapkan editing yang menarik, Editing adalah proses akhir di mana kreator menyatukan semua bahan video dan menyusunnya sedemikian rupa agar tersaji sesuai keinginan. Proses pasca-produksi ini adalah bagian sangat penting yang bisa menentukan rupa akhir video. Oleh karena itu, agar sebisa mungkin memaksimalkan video lewat editing.

Ibarat sayur tanpa garam, sebuah video disebutnya masih belum lengkap apabila belum melalui proses editing.   “Kalau rekaman video sudah bagus, tapi editingnya tidak bagus, ya hasilnya bisa berantakan,” ujar M. Anton Dwi Putra, S.H., M.H., Selaku Pamong Praktikum B.

(Sau-Tim_Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media