header pta Baru

Praktik Persidangan Semu Jilid II Mahasiswa Praktikum di PA Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 618Posted in Pulang Pisau

Praktik Persidangan Semu Jilid II Mahasiswa Praktikum di PA Pulang Pisau

226

Kelompok 2 mahasiswa praktikum B UIN Antasari Banjarmasin tiba di PA Pulang Pisau, pada hari Rabu, tanggal (15/07/2020). Mereka terdiri dari 10 orang peserta yaitu: Ronny Effendy, Nadila Fahriana, Fatimah, Ghina Alifah, Laila Rahmawati, Siti Rahmah, Mahfujatun Munir, Efha Maulana, Chandrasa B.A, dan Nurlathifah. Sama seperti kelompok sebelumnya, mahasiswa praktikum B dari kelompok 2 juga difasilitasi ruang sidang dan dipinjamkan atribut-atribut persidangan sebagai sarana untuk menunjang kegiatannya. Selain itu mereka juga dipersilahkan untuk menyaksikan secara langsung bagaimana persidangan di PA Pulang Pisau.

Setelah melihat alur persidangan, kemudian pamong praktikum mengarahkan mereka untuk membuat video persidangan semu sesuai dengan bekal yang telah mereka dapatkan di ruang sidang. Hal ini merupakan salah satu tugas yang diberikan seperti kelompok sebelumnya yang telah melaksanakan kegiatan yang sama.

226a

Praktik sekaligus pembuatan video persidangan semu dilaksanakan seperti sidang sungguhan dengan susunan majelis hakim dan para pihak berperkara yang diperankan oleh mahasiswa dan mahasiswi praktikum B UIN Antasari Banjarmasin. Tujuan pembuatan video persidangan semu selain sebagai tugas akhir praktikum dari fakultas, juga sebagai sarana belajar mahasiswa, agar dapat lebih memahami bagaimana beracara di pengadilan Agama.

Disela-sela praktik dan pembuatan video persidangan semu mahasiswa praktikum juga memanfaatkan waktu mereka dengan baik selama berada di PA Pulang Pisau, mereka nampak aktif bertannya baik mengenai prosedur beracara di pengadilan ataupun mengenai hal-hal lain yang berkaitan dengan pengadilan agama.

Diharapkan dengan adanya kegiatan praktikum ini, para mahasiswa jadi memiliki wawasan yang luas tentang Pengadilan Agama dan terbiasa dengan suasana pengadilan karena mereka semua merupakan calon-calon penegak hukum dimasa mendatang.

(Mry-Tim Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media