header pta Baru

Kesigapan Pegawai PA Pulang Pisau Dalam Memadamkan Api

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 553Posted in Pulang Pisau

Kesigapan Pegawai PA Pulang Pisau Dalam Memadamkan Api 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritadamkar 1.jpg

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Pengadilan Agama Pulang Pisau pada hari Jum’at tanggal 29 Mei 2020 mengadakan Sosialisasi APAR, Pelatihan dan Simulasi DAMKAR Penanganan Kebakaran di kantor dalam rangka kegiatan Akreditasi Penjaminan Mutu. Hal mana akan menjadi Evidence dari SOP (Standard Operating Procedure) tentang Pelatihan dan Simulasi Penanganan Kebakaran yang harus ada di Instansi Pengadilan Agama Pulang Pisau. 

Pelatihan dan Simulasi semacam ini memang wajib di instansi Pemerintah maupun Swasta dimana mereka harus melengkapi SOP tentang Pelatihan dan Simulasi Penanganan Kebakaran ini. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pegawai dan petugas yang berjaga malam tentang fungsi APAR, juga melatih para pegawai dan petugas yang berjaga malam agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritadamkar 2.jpg

Giat ini diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Honorer PA Pulang Pisau. Dalam kegiatan ini Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pulang Pisau melakukan sosialisasi terkait kegunaan APPAR.

Petugas menyampaikan informasi mengenai jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia yaitu : APAR isi Powder, APAR isi Gas CO2, APAR isi Foam, APAR isi Air, APAR isi Holan APAR isi Gas CO2. Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  ini adalah untuk awal mula terjadinya kebakaran/api kecil sebagai penanggulangan pertama untuk memadamakan api. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritadamkar 3.jpg

Cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tepat dan benar dengan langkah-langkah yaitu : Buka segel dengan cara memutar pinnya, Tarik pin APAR, menekan tuas APAR dan arahkan selang ketas untuk mengecek apakah APAR dalam keadaan terisi, Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m- 3 meter dari api, Angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api dan Semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritadamkar 4.jpg

Manfaat yang didapat setelah mengikuti pelatihan ini adalah pertama Peserta akan memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya, kedua mengerti bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya, ketiga memberikan kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran, keempat mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan kelima mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran, dengan membentuk organisasi peran kebakaran.

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritadamkar 5.jpg

Selama Simulasi berjalan dengan lancar dan tertib arahan yang diberikan sesuai SOP didampingi langsung oleh Petugas karena tingkat resiko yang tinggi dimana bagi yang belum pernah mencoba APAR wajib didampingi yang sudah berpengalaman karena mengurangi resiko yang tidak diinginkan. selesai disimulasi Petugas menyerahkan Surat tanda bukti dan Nilai bahwa PA Pulang Pisau telah melakukan Simulasi Terkait dengan APAR.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritadamkar 6.jpg

 

Ketua PA Pulang Pisau Sri Roslinda, S.Ag., M.H., sedikit menyampaikan pesan untuk semua yang telah terlibat dalam pelatihan ini untuk mengaplikasikan apa yang telah didapat pada hari ini mengingat ketidaktahuan kita kapan kebakaran akan datang mengampiri kita dan orang disekitar kita jadi dengan adanya pelatihan ini semua yang terlibat bisa sigap bila ada kebakaran. Beliau juga berterima kasih kepada Para Petugas yang telah membantu untuk menyukseskan pelatihan ini dengan sabar dan sigap sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai yang diharapkan bersama.    

 

(Mr. A)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media