header pta Baru

Peringatan Hari Lahir Pancasila, PA Pulang Pisau Ucapkan Selamat

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 572Posted in Pulang Pisau

Peringatan Hari Lahir Pancasila, PA Pulang Pisau Ucapkan Selamat

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaharlah pancasila 1.jpg

Hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni tahun ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda. Hal tersebut lantaran saat ini penularan virus covid 19 masih belum juga reda sehingga Pemerintah melalui Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengeluarkan Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2020 Tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020.

Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Diseases (Covid 19) serta Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 ini dilaksanakan melalui media eletronik, video conference atau dalam jaringan (online).

Bagi instansi pemerintah, pelaksanaan peringatan tahun ini dilakukan salah satunya dengan mendengarkan pidato  kenegaraan oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia. Dengan tema Pancasila dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju acara dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.15 WIB melalui saluran kanal Youtube BPIP, Laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, Televisi Republik Indonesia (TVRI), Radio Republik Indonesia (RRI) dan media lainnya. Setiap Kantor Pemerintah wajib mengikuti jalannya pidato kenegaraan presiden Republik Indonesia melalui media dimaksud. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaharlah pancasila 2.jpg

Namun berhubung tidak ada upacara penaikan bendera pada giat ini maka kepada seluruh instansi pemerintah diperintahkan agar mengibarkan bendera merah putih selama 1 hari di kantor masing-masing dan dinaikkan sebelum acara dimulai. 

Dalam pidatonya, Presiden RI menyatakan bahwa peringatan hari lahir pancasila di tengah masa pandemic covid 19 ini menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, meguji kepatuhan kita dan menguji ketenangan kita dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat. 

Ditambahkannya, dalam menghadapi ujian tersebut Kita bersyukur ternyata pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam menghadapi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotong royongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan daya juang kita dalam menghadapi kesulitan dan tantangan yang kita hadapi. 

Atas adanya peringatan hari lahir pancasila ini Pengadilan Agama Pulang mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 baik melalui banner maupun video yang ditampilkan di laman facebook Pengadilan Agama Pulang Pisau maupun media lainnya. Semoga dengan adanya peringatan ini pancasila selalu tertanam dalam jiwa masyarakat Indonesia dan menjadi pemersatu bangsa ditengah keragaman masyarakat Indonesia sehingga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia dapat selalu dipertahankan hingga akhir hayat oleh seluruh lapisan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

(Mul)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media