header pta Baru

Pembinaan Ketua PTA Palangka Raya di PA Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 527Posted in Pulang Pisau

Pembinaan Ketua PTA Palangka Raya di PA Pulang Pisau

Rabu 12 Mei 2020, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya YM Bapak Dr. H. Samparaja, S.H., MH. dengan didampingi istri dan Sekretaris Bapak Mukti Ali, S.Ag., MH melakukan kunjungan dan Pembinaan bagi seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau. Setibanya di PA Pulang Pisau pada pukul 13.30 WIB, Ketua PTA Palangkaraya dan rombongan disambut langsung oleh Ketua dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan suasana penuh kekeluargaan.

Sebelum memberikan pembinaan dan pengarahan, YM melakukan peninjauan di setiap sudut kantor PA Pulang Pisau. Hal ini beliau lakukan agar dapat mengenal lebih dekat akan keberadaan PA Pulang Pisau yang merupakan salah satu Pengadilan Agama di bawah pimpinannya.

 

Dalam pembinaan kali ini terlihat ada hal yang tidak seperti biasanya. Pasalnya pembinaan bagi seluruh aparatur PA Pulang Pisau disampaikan YM melalui aplikasi zoom bertempat di ruang sidang dengan didampingi oleh Sekretaris PTA Palangkaraya, serta Ketua dan Wakil Ketua PA Pulang Pisau. Sementara itu seluruh aparatur PA Pulang Pisau mengikuti pembinaan dengan bertempat di ruangan masing-masing. Hal ini mengingat kondisi ruang sidang yang belum mampu menampung seluruh aparatur PA Pulang Pisau untuk melakukan tatap muka secara langsung dan dalam rangka mentaati protokol kesehatan untuk menjaga jarak minimal 1 meter (social distancing) dalam masa pandemic Covid 19 saat ini.

Ketua PA Pulang Pisau dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan pembinaan tersebut. Sebelumnya beliau menyampaikan mengenai profil dan keadaan PA Pulang Pisau baik dari segi sejarah berdirinya PA Pulang Pisau, jumlah pegawai serta sarana prasarana yang ada di PA Pulang Pisau dan kendala-kendala yang dihadapi.

 

Sementara itu dalam pembinaannya, YM menyampaikan walaupun PA Pulang Pisau merupakan PA baru dan masih banyak keterbatasan baik dari sagi sarana prasarana maupun pegawai, namun harus tetap bersemangat dalam melakukan pelayanan prima kepada masyarakat. 3 hal penting yang beliau sampaikan dalam pembinaan tersebut meliputi: 11 aplikasi Badilag agar diimplementasikan dengan baik demi memberikan pelayanan kepada masyarakat, SIPP agar selalu diperhatikan, dan Zona Integritas harus ada kekompakkan dan semangat dalam pembangunannya serta benar-benar dipahami apa hakikat mengenai zona integritas ini.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris PTA Palangka Raya menyampaikan kesan selama melakukan kunjungan ke PA Pulang Pisau. Saat pertama kali menginjakkan kaki ke PA ini, PA Pulang Pisau memiliki inovasi berupa access card, kunjungan kedua berupa buku tamu elektronik dan kunjungan ketiga kali ini disuguhi dengan inovasi berupa masker. Selain itu beliau juga menyampaikan meskipun PA Pulang Pisau belum mencapai Zona Integritas, namun aura Zona Integritas di PA Pulang Pisau sudah mulai terlihat. Salah satunya dengan banyaknya inovasi yang dilakukan dan PA Pulang Pisau juga pernah meraih ranking 3 sebagai PA baru dengan kinerja terbaik.

Beliau juga memberikan motivasi bahwa jika ada kerjasama yang baik, maka bukan suatu hal yang sulit untuk mencapai pembangunan Zona Integritas. Karena pada dasarnya zona integritas dimulai dengan membiasakan berbuat benar dan adanya 6 area Pengungkit yang ada pada Zona Integritas memiliki 2 tujuan yaitu menjadikan Pegawai PA Pulang Pisau bersih dari KKN dan menciptakan pelayanan publik yang prima.

Pada akhir acara pembinaan, Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Sri Roslinda S.Ag MH. menyampaikan ucapan terimakasih kepada YM Bapak Samparaja dan rombongan atas pembinaan yang telah diberikan. Semoga dengan adanya kunjungan tersebut dapat meningkatkan kinerja aparatur PA Pulang Pisau dan semoga KPTA Palangka Raya dan rombongan dilancarkan dalam menempuh perjalanan menuju tempat tugas di PTA Palangka Raya. Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

(Nida)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media