header pta Baru

Halal Bihalal, Ini Pesan Ketua PA Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 545Posted in Pulang Pisau

Halal Bihalal, Ini Pesan Ketua PA Pulang Pisau

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Jumát (29/05/2020) Pukul 11.00 WIB. Pengadilan Agama Pulang Pisau mengadakan acara Halal Bihalal bersama seluruh PNS dan PPNPN PA Pulang Pisau. Kegiatan ini digelar secara sederhana mengingat saat ini pandemic virus covid 19 masih sangat mengkhawatirkan penyebarannya di Provinsi Kalimantan Tengah. Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mengambil hikmah semangat Idul Fitri sesudah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa agar para aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau tetap kompak dan semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Halal bihalal sendiri bermakna saling memaafkan antar sesama umat Islam di hari nan fitri dengan menggelar silaturahmi. Halal Bihalal merupakan tradisi asli umat Islam di Indonesia, meskipun bukan berasal dari Arab sejatinya selaras dengan ajaran agama Islam karena mengandung unsur silaturahmi dan bermaaf-maafan yang sangat dianjurkan oleh agama.

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Sri Roslinda, S. Ag., M.H. dalam arahannya mengatakan bahwa setelah menjalani puasa selama sebulan penuh dimana kita dilatih untuk selalu bersabar menahan hawa nafsu dan berpuasa karena Allah, maka seyogyanya pasca Idul Fitri hal tersebut tetap dilakukan apalagi dalam dunia kerja kita harus bisa menjadi orang yang sabar dalam melayani, bekerja dengan baik, profesional serta ikhlas dengan mengharap ridho Allah SWT semata.

Ditambahkannya, bahwa meskipun perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun kita harus tetap semangat dalam menjalaninya. Tak lupa pula beliau mengingatkan agar sesama aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau harus saling memaafkan karena masing-masing diri kita tidak luput dari kesalahan dalam keseharian kita bergaul. Walaupun begitu, bermaafan tidak perlu bersalaman sebagaimana biasanya untuk mengurangi resiko penyebaran virus covid 19.

“Minal aidin wal faizin yang bermakna kembali ke suci dan menjadi orang-orang yang beruntung adalah ucapan selamat hari raya yang lazim kita dengar. Hal tersebut akan menjadi doa agar kita yang sudah selesai menjalani ibadah puasa diharapkan dosa-dosanya telah diampuni dan kelak akan mendapat balasan di akhirat berupa surga karena telah menjalani puasa dengan ikhlas dan sabar,” sambungnya.

Dengan adanya silaturahmi ini semoga akan memupuk rasa kebersamaan, persaudaraan, gotong royong dan kekompakan antara seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau sesuai dengan dengan motto Kabupaten ini yaitu Handep Hapakat yang bermakna Persatuan dan Kesatuan Semua Komponen Masyarakat dalam falsafah hidup gotong royong dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, pungkasnya.

(Nida)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media