header pta Baru

Nonton Pidato Ketua Mahkamah Agung Baru Di PA Pulang Pisau, Isinya Adalah?

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 865Posted in Pulang Pisau

Nonton Pidato Ketua Mahkamah Agung Baru Di PA Pulang Pisau,  Isinya Adalah?

Bertempat diruang sidang PA Pulang Pisau, Seluruh jajaran pimpinan PA Pulang Pisau menyaksikan live streaming pidato Ketua Mahkamah Agung yang baru  yang dilangsungkan pada hari Rabu 13 Mei 2020 yang disiarkan langsung oleh Mahkamah Agung. Acara Nonton bareng ini  ini berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 6 tahun 2020 tertanggal 12 Mei 2020 tentang Pidato Pergantian Pimpinan Mahkamah Agung;

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MA yang baru Dr. H.  Muhammad Syarifuddin, S.H.M.H. menyampaikan ucapa terima kasih kepada seluruh jajaran Mahkamah Agung yang telah memberikan kepercayaan kepada beliau untuk memimpin  Lembaga ini.

Sebagaimana diketahui bahwa Mahkamah Agung Republik Indonesia (disingkat MA RI atau MA) adalah lembaga tinggi negara  dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya. Mahkamah Agung membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan  peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara.

Mahkamah Agung juga merupakan pelaksana kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan yang dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, dan lingkungan peradilan tata usaha negara, dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi sebagaimana dimasksud dalam pasal 24 ayat (2) Undang – Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Ketua Mahkamah Agung dalam pidatonya juga menyampaikan  beberapa poin  yang telah dicapai oleh Ketua MA yang lama yakni Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali S.H.M.H. antara lain:

1.      Dari segi perkara, Mahkamah Agung telah membagi ke dalam sistem kamar.

2.      Dari segi teknis, MA telah melakukan banyak pembaruan hukum. Mengeluarkan ketentuan Tentang Mediasi, Peraturan tentang Perempuan yang berhadapan dengan hukum, peraturan tentang gugatan sederhana dan prosedur keberatannya;

3.      Dari Segi Non Teknis, MA telah memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 7 kali berturut turut. Penghargaan Akreditasi Penjaminan  Mutu, Zona Integritas dan WBBK, dan  lainnya

Dimasa kepemimpinan beliau  di periode 2020-2025 ini, Ketua MA memiliki program keberlanjutan pelaksanaan Cetak Biru (Blue Print)  yang di harapkan sebelum tahun 2025 sudah bisa terlaksana.  Program pengawasan terus akan ditingkatkan, namun apapun bentuk pengawasan itu jangan sampai mengganggu Kinerja dan” jangan  ada yang alergi dengan pengawasan” tegasnya.

Diakhir pidatonya, beliau menyampaikan pesan agar kita tetap melaksanakan tugas dengan baik dimasa  pandemic covid-19 dan patuhi SEMA Nomor 1 tahun 2020, SEMA No. 2 tahun 2020 dan SEMA Nomor 3 tahun 2020 tentang   Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID – 19) di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan Berada di Bawahnya.

“Marilah kita bersama-sama membulatkan tekad untuk mewujudkan peradilan yang agung” tutupnya

Ketua PA Pulang Pisau Sri Roslinda,S.Ag., M.H. kepada tim Redaksi menyampaikan bahwa “kegiatan live Streaming ini telah kita saksikan bersama, oleh karenanya isi dari Pidato  yang telah disampaikan oleh Ketua MA harus menjadi perhatian  kita dan mari kita  bulatkan tekad untuk bekerja dengan baik dalam melaksanakan tugas kita sebagai abdi negara untuk mewujudkan lembaga peradilan yang agung sebagaimana harapan Ketua MA yang baru”ucapnya.

(Tim – IT)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media