header pta Baru

203. Panmud Permohonan PA Muara Teweh “Keistimewaan Bulan Ramadhan”

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 281Posted in Muara Teweh

Panmud Permohonan PA Muara Teweh “Keistimewaan Bulan Ramadhan”

Muara Teweh | Pa-muarateweh.go.id

Hari Rabu, 13 April 2022 Bertempat di Mushola Pegawai Lantai II telah dilaksanakan Kuliah Tujuh Menit yang biasa dilakukan ba’da Zuhur, dimana Kegiatan Kultum merupakan agenda rutin di bulan Ramadhan yang telah diatur oleh Panitia Ramadhan.

Pada kesempatan kali ini sesuai jadwal yang telah dilakukan kultum diisi oleh penceramah Panmud Permohonan Ibu Hj Hayani, S.Ag dengan dimoderatori oleh Saudari Ana Nailul Kamali, S.E. adapun tema yang dibawakan ialah “Keistimewaan Bulan Ramadhan dan hal apa saja yang harus dihindari agar tidak merusak pahala puasa”.

“Allah SWT memuliakan manusia diantara semua ciptaannya, Allah mengistimewakan matahari diantara bintang-bintang, Allah mengistimewakan jibril dari sekian banyak Malaikat, Allah mengistimewakan hari Jum’at diantar hari-hari dalam sepekan (Sayyidul Ayyam) dan Allah juga mengistimewakan bulan Ramadhan diantara 12 bulan dalam 1 tahun dan menurut ulama seolah-olah kedudukannya seperti matahari diantara beribu bintang-bintang lain akan raib atau tidak terlihat”.

“Allah Sangat mencintai bulan Ramadhan, maka jika hamba-hambanya mendapatkan keistimewaan bertemu dengan bulan Ramadhan dan mengisinya dengan ibadah maka kedudukan hamba itu mulia”

Nabi Muhammad SAW menyampaikan keistimewaan bulan Ramadhan:

  1. Bulan yang didalamnya diturunkan AL-Qur’an
  2. Allah Mewajibkan di dalam bulan Ramadhan untuk melakukan ibadah puasa 1 bulan penuh
  3. Bulan Ramadhan bulan taubat dan bulan ampunan

Dari Uraian ini intinya Ramadhan adalah bulan yang mulia sehingga siapa yang bertemu dengannya dan menghabiskan waktunya untuk ibadah kepada Allah, maka ia akan diangkat derajatnya dan diampuni dosa-dosanya dan menjadi orang yang istimewa disisi Allah diantara hamba-hambanya.

Acara Kultum Ramadhan ditutup dengan panjatan doa yang dipimpin Ibu Hajah Hayani Panggilan akrab beliau serta pantun “ Baju Basah kita Jemur kalau kering jangan lupa diangkat, Semoga kita yang hadir panjang umur dan selalu sehat wal’afiat” (AOI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media