header pta Baru

Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Peringati Hari Kelahiran Pancasila

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 600Posted in Kuala Kurun

Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Peringati Hari Kelahiran Pancasila 

Kuala Kurun | pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun - Tak seperti pada tahun sebelumnya, Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II tidak melaksanakan kegiatan upacara bendera mandiri maupun gabungan dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 01 Juni. Hal tesebut sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 04 Tahun 2020 Tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020. Sesuai dengan isi Surat Edaran Ketua BPIP tersebut menyatakan bahwasanya untuk tidak mengadakan kegiatan/aktivitas Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya banyak orang pada suatu lokasi (sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian / Lembaga, Instansi Pemerintah Pusat maupun Daerah serta kantor Perwakilan RI di luar negeri wajib mengikuti jalannya Pidato Kenegaraan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan Televisi Republik Indonesia (TVRI) dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing pada pukul 09.00 s.d. selesai. 

Terkait hal tersebut Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II menginstruksikan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II untuk turut serta menyaksikan jalannya Pidato Kenegaraan Hari Lahir Pancasila yang akan disampaikan oleh Presiden RI. Tak lupa Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II juga menghimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada hari Senin tanggal 1 Juni 2020, berhubung tidak ada upacara penaikan bendera pada saat Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020. Langkah – langkah yang diinstruksikan oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun tersebut sesuai dengan isi dari Surat Edaran Ketua BPIP. 

Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H. mengungkapkan selamat memperingati hari lahir Pancasila, 01 Juni 2020. “Adanya Peringatan hari lahirnya Pancasila menjadi momentum yang tepat untuk mengingat, merenungi dan mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.  Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini yaitu ‘Pancasila dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju’. kita berharap bangsa Indonesia mampu menghadapi segala rintangan maupun tantangan yang menghadang dengan selalu optimis berjiwa pemenang”, ungkap Aliyuddin. 

Dalam Pidato Kenegaraan Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh penyelenggara negara untuk selalu berpihak kepada masyarakat yang mengalami kesulitan.  Presiden Jokowi juga meminta kepada penyelenggara negara untuk melayani masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). “Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia”, ungkap Jokowi.

“Selamat Hari Lahir Pancasila” (UN - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media