header pta Baru

Perbaiki Alur Penanganan Perkara, Bidang Kepaniteraan PA Kuala Kurun Gelar Rapat Terbatas

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 524Posted in Kuala Kurun

Perbaiki Alur Penanganan Perkara, Bidang Kepaniteraan PA Kuala Kurun Gelar Rapat Terbatas

C:UsersAdc18716DownloadsWhatsApp Image 2020-05-27 at 10.55.07.jpeg

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun – Setelah pelaksanaan evaluasi hasil penilaian kinerja Triwulan I  tahun 2020 Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun melakukan pertemuan khusus dengan Panitera, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan dan Jurusita untuk membahas mengenai bidang kepaniteraan tentang penanganan perkara. Adanya hasil pertemuan tersebut Panitera PA Kuala Kurun menggelar rapat terbatas pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2020 pukul 10.50 WIB yang dihadiri oleh petugas bidang kepaniteraan di ruang sidang PA Kuala Kurun.

Rapat terbatas dipimpin langsung oleh H. Abdul Khair, S.Ag. selaku Panitera PA Kuala Kurun dengan agenda memberikan pengarahan mengenai perubahan alur penanganan perkara agar meningkatkan mutu penanganan perkara menjadi lebih baik lagi sesuai hasil pertemuan sebelumnya dengan Ketua PA Kuala Kurun. “Sekarang, majelis kita sudah berjumlah 3 (tiga) majelis maka dengan ini ada perubahan alur penanganannya” tutur Khair.

Alur penanganan perkara setelah perkara terdaftar diletakkan dalam map perkara yang biasa berwarna merah untuk perkara gugatan dan berwarna kuning untuk perkara permohonan. Berkas diajukan ke ketua PA Kuala Kurun terlebih dahulu untuk menentukan majelis hakim kemudian baru mencetak Penetapan Majelis Hakim yang ditandatangani oleh ketua PA Kuala Kurun. Kedua, mencetak Penetapan Panitera Pengganti dan Jurusita yang ditandatangani oleh Panitera kemudian dilanjutkan berkas perkara diajukan pada ketua majelis hakim untuk menentukan Penetapan Hari Sidang. Setelah perkara selesai dan memperoleh keputusan majelis hakim map berkas perkara diganti menggunakan map berkas perkara berwarna hijau seperti map berkas perkara yang sebelumnya agar berkas perkara menjadi lebih rapi.

Tujuan menggelar rapat terbatas bidang kepaniteraan ini dilakukan untuk memberikan pembinaan terhadap seluruh petugas di kepaniteraan mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing petugas dengan adanya perubahan alur penanganan perkara agar tercapai kerjasama yang luar biasa karena sesuai dengan moto kerja kita “Bersama Kita Bisa!”. Dalam hal ini perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh alur-alur penanganan perkara dengan tepat dan cepat. Semakin maju PA Kuala Kurun.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (US - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media