header pta Baru

Tingkatkan Kompentensi Hukum Waris Tenaga Teknis PA Kuala Kurun Ikuti Bimtek

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 115Posted in Kuala Kurun

Tingkatkan Kompentensi Hukum Waris Tenaga Teknis PA Kuala Kurun Ikuti Bimtek

AJDNBJHF

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Jum’at, 28 Juli 2023, bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Tenaga Teknis Pengadilan Agama Kuala Kurun yang terdiri dari Hakim, Kepaniteraan dan Kejurusitaan mengikuti bimbingan teknis tentang hukum waris yang diselenggarakan secara daring melalui via zoom oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Adapun kegiatan dimulai pada pukul 08:30 WIB dengan tema kegiatan “Perkembangan Hukum Waris Islam Pada Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia”.

Dalam pembukaan kegiatan, Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Badilag, Bambang H. Mulyono, S.H., M.H. menyampaikan pentingnya peningkatan kompetensi tenaga teknis dalam menghadapi perkembangan hukum di bidang waris Islam. . “Melalui bimbingan teknis ini diharapkan meningkatkan wawasan dan pengetahuan tenaga teknis di lingkungan peradilan agama tentang hukum waris islam pada setiap putusannya, ujar beliau.”

Bertindak selaku narasumber YM. Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan beberapa aspek dalam hukum waris islam. Diantaranya syarat formil gugatan waris, akibat hukum kekurangan pihak, kepentingan hukum dalam PPAW, Penentuan ahli waris bertingkat dan pembagiannya serta exercise kasus gugatan waris.

Rahimah, S.H.I., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II mengungkapkan bahwa adanya bimtek ini sangat bermnafaat bagi tenaga teknis peradilan. “Kegiatan ini menjadi momen berharga bagi para peserta untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan dalam menangani kasus-kasus hukum waris Islam yang semakin kompleks. Kami berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut menjadi agenda rutin karena manfaatnya sangat banyak sekali, ujar beliau.”

Dalam kegiatan ini, peserta yang mengikuti akan diberikan tugas pre test dan akan dilakukan evaluasi dalam post test terhadap peserta dalam bentuk ujian kompetensi yang nantinya kan keluar nilai. Hasil evaluasi ini akan menjadi dasar untuk pengembangan program pelatihan lebih lanjut guna meningkatkan kompetensi tenaga teknis di lingkungan peradilan agama.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (UN - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media