header pta Baru

Mahasiswa Praktik Kemahiran Hukum IAIN Palangka Raya Laksanakan Simulasi Sidang Gugatan Hak Asuh Anak di ruang Sidang

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 577Posted in Pulang Pisau

Mahasiswa Praktik Kemahiran Hukum IAIN Palangka Raya Laksanakan Simulasi Sidang Gugatan Hak Asuh Anak di ruang Sidang

 

Pengadilan Agama Pulang Pisau

Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau, Jum'at (19/02/2021) diadakan kegiatan simulasi sidang gugatan Hak Asuh Anak pada pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai.  Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Hakim Pengadian Agama Pulang Pisau ibu Nida Farhanah S.Sy dan diikuti oleh seluruh Mahasiswa IAIN Palangka Raya yang sedang melaksanakan Praktik Kemahiran Hukum 1. Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana ini berlangsung dengan khidmat dan penuh keseriusan agar bisa memahami alur persidangan. 

Dalam menjalankan kegiatan simulasi sidang ini, pembimbing yang merupakan seorang hakim menjelaskan tentang alur persidangan yang meliputi mediasi, pemeriksaan gugatan, jawaban, replik, duplik, pembuktian, kesimpulan dan putusan, sehingga para mahasiswa dapat memahami peran masing-masing dalam menjalankan tugas yang diberikan.  Selain itu, Ibu Nida dalam kesempatan ini juga mengarahkan dan menyaksikan secara langsung simulasi sidang yang dilaksanakan dengan selalu memberikan support serta mengingatkan agar jangan ada yang dilupakan mengenai alur persidangannya.

Setelah mempelajari berkas perkara pada hari sebelumnya, tahapan persidangan pun dilalui oleh seluruh peserta dengan bergantian sebagai Ketua Majelis sesuai dengan pembagian peran yang telah dibuat oleh pembimbing. Hal ini bertujuan agar seluruh mahasiswa dapat mengaplikasikan secara langsung ilmu yang telah didapatkan baik di bangku kuliah maupun hasil dari observasi persidangan yang telah dilaksanakan.

Semoga dengan adanya simulasi sidang ini, para mahasiswa dapat memahami secara langsung mengenai alur persidangan yang selama ini hanya didapatkan di bangku kuliah dan semoga bagi mahasiswa yang memiliki keinginan menjadi hakim, dapat menggapai cita-cita mulianya tentunya dengan selalu belajar dan berdoa.

(SJ/mhs)

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media