header pta Baru

Catatan Akhir Tahun 2020 PA Pulang Pisau: Tetap berinovasi dan berprestasi ditengah Keterbatasan

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 462Posted in Pulang Pisau

Catatan Akhir Tahun 2020 PA Pulang Pisau: Tetap berinovasi dan berprestasi ditengah Keterbatasan

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritacatatan 1.jpg

Sejak resmi beroperasi pada tanggal 26 Oktober 2018. Tahun 2020 ini merupakan tahun ketiga bagi Pengadilan Agama Pulang Pisau dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. 

Bertempat di Bekas Gedung Kantor DPRD Pulang Pisau dengan status pinjaman dari Pemerintah setempat dengan luas 300M2 Sebagai Pengadilan Kelas II di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya, Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan segala keterbatasannya mampu mensejajarkan dirinya dengan Pengadilan Agama lain dalam hal inovasi dan prestasi. 

Ditahun 2020 ini, berdasarkan data yang terdapat pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Pengadilan Agama Pulang Pisau telah menerima 203 perkara. Dengan jumlah Hakim hanya 4 orang termasuk Ketua dan Wakil. Panitera/Panitera Pengganti 4 orang dan 4 orang Jurusita Pengganti.  Dengan sumber daya tersebut, Pengadilan Agama Pulang Pisau berhasil memutus dan menyelesaikan perkara sebanyak 203 perkara atau mencapai 100%.   

Selain keberhasilan dalam penyelesaian perkara tersebut, terdapat beberapa Inovasi yang menonjol baik inovasi Mahkamah Agung, Badilag maupun inovasi yang diciptakan sendiri oleh Pengadilan Agama Pulang Pisau. Inovasi tersebut diantaranya implementasi SIPP, implementasi e-court dan e-litigasi, implementasi 9 aplikasi layanan inovasi badilag, aplikasi antrian layanan PTSP, aplikasi Simpletask (Sistem Informasi Monitoring Pelaksanaan Tugas) pada Kesekretariatan, Aplikasi Portal Aplikasi PA Pulang Pisau, dan Digunakannya Door Access Control atau Akses Kontrol Pintu dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan. Sehingga hanya para Pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau saja yang mendapatkan akses untuk masuk keruangan kerja utama. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritacatatan 2.jpg

Selain inovasi-inovasi tersebut, pada tahun 2020 Pengadilan Agama Pulang Pisau juga memiliki banyak Prestasi. Prestasi-prestasi tersebut diantaranya: 

  1. Pada tanggal 28 Juni 2019 Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. meraih peringkat kedua acara Workshop Pemantapan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim bagi Hakim dengan masa kerja 0 - 8 tahun yang berlangsung dari tanggal 24 s.d.  28 Juni 2019 bertempat di Hotel Le Greunder, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

  2. Pada Rapat Kordinasi PTA Palangka Raya dan PA Se-Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di PTA Palangka Raya mulai tanggal 20 - 21 Februari 2020 Mulyadi, Lc., M.HI. salah satu hakim di Pengadilan Agama Pulang Pisau memperoleh penghargaan “Jawara Wartawan Dadakan” katagori Hakim se wilayah Pengadilan Agama provinsi Kalimantan Tengah. 

  3. Pada rapat koordinasi tersebut pula Pengadilan Agama Pulang Pisau memborong 7 (tujuh) juara kategori untuk pengadilan Agama se Kalimantan Tengah yaitu juara terbaik I dalam bidang pengiriman berita terbanyak, juara terbaik II dalam bidang pengelolaan website terbaik dan aktif, juara terbaik II (kategori V) dalam bidang implementasi SIPP tingkat pertama, juara terbaik III dalam bidang persentase upload terbanyak ke dirput Mahkamah Agung, juara terbaik III dalam bidang penerimaan perkara e-court terbanyak, juara terbaik III dalam bidang realisasi anggaran, dan terbaik III dalam bidang implementasi dan kelengkapan data aplikasi data backup sikep (ABS) Dirjen Badilag.

  4. IKAHI Cabang Pulang Pisau masuk 10 besar lomba Vlog yang diadakan oleh Pengurus Pusat IKAHI.

  5. Hakim PA Pulang Pisau Nida Farhanah, S.Sy meraih juara II dalam Webinar Bincang Virtual Kiat Menulis Berkualitas. Tema yang Ia angkat dalam lomba karya tulis yang ia ikuti tersebut adalah “Tingkatkan Kualitas Berita, Tim Redaksi PA Pulang Pisau Ikuti Webinar Kiat Menulis Berkualitas”.

  6. Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-2 nya, Pengadilan Negeri Pulang Pisau menggelar Turnament Tennis Lapangan bertempat di Stadion HM. Sanusi Pulang Pisau. Dan PA Pulang Pisau berhasil meraih juara 1 dan 3.

  7. Pada tahun 2020 ini, Pengadilan Agama Pulang Pisau kembali mendapatkan A Excellent dalam penilaian Akreditasi Penjamin Mutu (APM) untuk kedua kalinya. 

 

Dengan berbagai Inovasi dan Prestasi yang diraih Pengadilan Agama Pulang Pisau sepanjang tahun 2020 diharapkan semangat juara akan selalu dibawa ke tahun berikutnya yaitu tahun 2021 dengan mempertahankan dan meningkatkan Inovasi dan prestasi tersebut. Tahun depan harus lebih baik dari tahun ini. 

 

(yewtree/Tim-Red) 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media