header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ucapkan Selamat Hari Ibu

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 476Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ucapkan Selamat Hari Ibu

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritahari ibu 1.jpg

Indonesia memiliki cara tersendiri dalam memberikan penghargaan kepada wanita, yakni dengan memperingati hari ibu. Kongres Perempuan I adalah tonggak sejarah bagi wanita Indonesia. Sebab, wanita yang sebelumnya dianggap kaum terbelakang, sebenarnya mampu memberikan kontribusi dalam kemerdekaan. Termasuk juga menjadi solusi berbagai permasalahan bangsa hingga saat ini. Peringatan Hari Ibu pun menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Sehingga akan menjadi ironi apabila masih saja ada kesenjangan terhadap wanita umumnya, khususnya kepada para ibu.

Hari ini, tepat pada hari Selasa tanggal 22 Desember 2020, dimana pada kebiasaannya diperingati sebagai Hari ibu. Peringatan Hari Ibu di Indonesia sendiri terinspirasi oleh Kongres Perempuan pertama yang digelar pada 22-25 Desember 1928. Kemudian setelah kemerdekaan, Presiden Sukarno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Hingga pada hari ini, peringatan Hari Ibu ke-92 mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Dalam peringatan Hari Ibu ini, alangkah baiknya jika kita merenungkan kembali sebuah hadits Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengenai keutamaan berbuat kepada ibu sebagaimana hadits yang berbunyi:

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ بِحُسْنِ صَحَابَتِى قَالَ « أُمُّكَ » . قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ « أُمُّكَ » . قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ « أُمُّكَ » . قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ « ثُمَّ أَبُوكَ »

“Seorang pria pernah mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, ‘Siapa dari kerabatku yang paling berhak aku berbuat baik?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ibumu’. Dia berkata lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ibumu.’ Dia berkata lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ibumu’. Dia berkata lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Dalam hadits ini terdapat dorongan untuk berbuat baik kepada kerabat dan ibu lebih utama dalam hal ini, kemudian setelah itu adalah ayah, kemudian setelah itu adalah anggota kerabat yang lainnya. Para ulama mengatakan bahwa ibu lebih diutamakan karena keletihan yang dia alami, curahan perhatiannya pada anak-anaknya, dan pengabdiannya. Terutama lagi ketika dia hamil, melahirkan (proses bersalin), ketika menyusui, dan juga tatkala mendidik anak-anaknya sampai dewasa” (Syarh Muslim, 8: 331).

Perintah berbakti di sini bukan hanya berlaku pada bulan Desember saja, namun juga setiap waktu. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu” (QS. Lukman: 14). 

Dalam kesempatan ini, Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan Selamat Hari Ibu ke-92. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan, dan perlindungan untuk para ibu di seluruh dunia yang jasa dan kebaikannya tidak mampu tergantikan oleh apapun.

(NF/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media