header pta Baru

Ketua Tekankan Pentingnya Ide Dan Saran Untuk Kemajuan Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 579Posted in Pulang Pisau

Ketua Tekankan Pentingnya Ide Dan Saran Untuk Kemajuan Pengadilan Agama Pulang Pisau

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritarapat 17-12-2020 A.jpg

Pulang Pisau- Kamis 17/12/2020, dalam rapat pembinaan dan evaluasi akhir tahun 2020, Ketua PA Pulang Pisau Erpan,S.H. menekankan pentingnya masukan saran dan ide dari masing masing pegawai PA Pulang Pisau demi kemajuan kita bersama.

Hal tersebut disampaikannya di sela-sela rapat dan pembinaan dan evaluasi akhir tahun untuk seluruh pejabat struktural dan fungsional  PA Pulang Pisau. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa jika ada usulan yang terkait dengan kebijakan pimpinan, maka hendaklah di sampaikan dengan cepat melalui saluran herarkhi jabatan yang ada.

“Hal ini dimaksudkan bahwa,  untuk kemajuan PA Pulang Pisau di tahun 2021 mendatang, siapapun yang memiliki ide, saran bahkan inovasi, segara disampaikan kepada kita agar ide, saran maupun inovasi yang muncul bisa kita godok bersama untuk kita aplikasikan di kantor kita, terutama ide dan inovasi yang terkait dengan pelayanan masyarakat,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan cara menyampaikan usulan dan saran, terutama yang terkait kebijakan pimpinan. Cara tersebut dapat dilakukan secara lisan atau dengan menulis naskah kebijakan atau yang biasa dikenal dengan istilah Policy brief, agar setiap masukan dan  ide tentang inovasi  dapat dipahami dengan baik dan jelas. “Biasakanlah untuk para pejabat di lingkungan PA Pulang Pisau untuk menulis policy brief” tegasnya.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritarapat 17-12-2020 B.jpg

Ada beberapa hal yang beliau sampaikan terkait dengan penulisan policy brief. Pertama gunakan metode penulisan model laporan dan platform yang paling sesuai dengan tujuan dan target pembaca. Kedua, menyangkut kalimat dan pilihan kata. Tuangkan gagasan dalam kalimat yang jernih, lugas, tangkas, serta menggunakan kata dan istilah yang mudah dimengerti. “Hal lain yang  perlu di perhatikan juga adalah siapa yang akan pembaca naskah ini, mengapa ini penting,  dan apa yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui naskah ini” imbuhnya.

Prinsip yang perlu diperhatikan dalam menulis  naskah kebijakan (policy brief)  adalah:  Pertama adanya dokumen berisi deskripsi permasalahan dan rekomendasi kebijakan berdasarkan fakta dan data. Kedua, naskah tersebut ditujukan bagi pengambil kebijakan dan pihak lain yang berkepentingan. Ketiga, tulisan harus ringkas, atraktif dan dirancang untuk memudahkan pembaca memahami isi naskah secara cepat. 

Hal yang mesti dilakukan dalam sebuah policy brief  adalah meyakinkan bahwa persoalan yang diangkat penting dan perlu diatasi segera, didukung dengan latar belakang dan konteks yang memadai mengenai persoalan yang diangkat, serta dilengkapi dengan bahan bagi pembuat kebijakan untuk mempertimbangkan kebijakan yang diusulkan. Adapun struktur umum policy brief ini sangat sederhana yang meliputi: Judul, Aline Pembuka, Pendahuluan, isi/Tubuh, Data/analisis, Pilihan Kebijakan, dan terakhir Kesimpulan/ Rekomendasi (Boks, Catatan Pinggir, Tabel, Grafik, Foto).

Jika masih dirasa sulit mengenai cara penulisannya, Ketua PA yang biasa di dipanggil Pak Erpan ini meminta agar  setiap pegawai mencoba dan terus berlatih karena dengan berlatih maka kita akan semakin pintar untuk membuatnya. Beliau berharap di masa mendatang akan lahir para penulis naskah kebijakan yang handal di PA Pulang Pisau, sehingga akan memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan instansi kita yang tercinta ini, pungkasnya. 

 

(Er/Tim-Red)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media