header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Online Pemimpin Dengan Kecerdasan Emosi

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 701Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Online Pemimpin Dengan Kecerdasan Emosi

244a

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mengikuti mengikuti Pelatihan Online Leading With Emotional Intelligence (Pemimpin Dengan Kecerdasan Emosi) yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Badan PPM Tahun Anggaran 2020. Rangkaian pelatihan ini dimulai dari hari Senin (03/08/2020) sampai hari Kamis (06/08/2020) diikuti oleh Para Hakim Tingkat Pertama dan Kepaniteraan dari berbagai lingkungan peradilan se Indonesia. Adapun pemateri pada pelatihan ini adalah Triara Wulan Nossaria, Mirta Amaranti, Maharsi Anindyajati dan lainnya serta dibantu oleh Destia Dwiyanti dan beberapa moderator lainnya.

Sasaran pada giat ini adalah para peserta diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar emosi dan kecerdasan emosi, mengidentifkasi tipe kepemimpinan yang mencerminkan pemimpin yang cerdas emosi, menyusun langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan sebagai pemimpin yang cerdas emosi dan menguraikan langkah-langkah mengelola stres sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosi.

244b 

Pada diklat ini diterangkan bahwa emosi adalah pola reaksi yang kompleks dari individu saat menghadapi situasi tertentu yang melibatkan unsur-unsur pengalaman, fisiologis dan perilaku. Sedangkan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk memantau emosi diri sendiri dan orang lain, membedakan antar emosi, dan memberi label emosi secara tepat serta memanfaatkan emosi untuk mengarahkan proses berfikir dan bertindak.

Selain itu pada pelatihan ini dijabarkan pula emotional intelligence leadership style yang meliputi:

  1. self awareness yaitu menyadari perilaku yang menunjukkan kekuatan dan keterbatasan yang dimiliki serta dampaknya terhadap orang lain
  2. awareness of others yaitu memperhatikan dan mengakui orang lain, memastikan orang lain merasa dihargai dan menyesuaikan gaya kepemimpinan agar sesuai dengan orang lain.
  3. authenticity yaitu mengekspresikan diri secara terbuka dan efektif, menghormati komitmen dan mendorong perilaku ini kepada orang lain
  4. emotional reasoning yaitu menggunakan informasi emosional dan menggabungkannya dengan fakta dan informasi lain saat mengambil keputusan
  5. self management yaitu mengelola suasana hati dan emosi seseorang, waktu dan perilaku, dan terus meningkatkan diri sendiri.
  6. inspiring performance yaitu memfasilitasi kinerja tinggi pada orang lain melalui pemecahan masalah bersama, mengakui dan mendukung pekerjaan orang lain.

Banyak lagi aneka materi menarik lainnya yang sangat bermanfaat untuk dipelajari guna menambah wawasan dan kompetensi. Dalam pelatihan ini selain mendengarkan materi ada juga menonton video, sesi tanya jawab, memberi komentar, diskusi kelompok, persentase tugas dan lain sebagainya.

Semoga dengan mengikuti pelatihan ini kecerdasan emosi semakin meningkat sehingga kelak ketika menjadi pimpinan dapat menjadi pimpinan yang memiliki kecerdasan emosi yang baik, empati, humble, tegas, optimis dan berjiwa besar.

(Mul/Tim Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media