header pta Baru

Universitas Ternama Praktikum Daring di Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 490Posted in Pulang Pisau

Universitas Ternama Praktikum Daring di Pengadilan Agama Pulang Pisau

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritapraktikum 1.jpg

Adik-adik Mahasiswa(i) dari Universitas ternama, UIN Antasari Banjarmasin tengah melaksanakan Praktikum dengan Sistem Daring di PA Pulang Pisau. UIN Antasari Banjarmasin adalah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Nama Antasari itu sendiri berasal dari nama seorang Sultan Banjar yaitu Pangeran Antasari yang merupakan seorang pahlawan nasional. UIN Antasari Banjarmasin sendiri merupakan salah satu Universitas Islam terbaik di Indonesia.

Saat ini Kampus UIN Antasari Banjarmasin memiliki 5 fakultas, antara lain: Fakultas Syariah (FS), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUH) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Selain itu di UIN Antasari Banjarmasin juga ada program Pascasarjana dan Doktoral.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritapraktikum 2.jpg

Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin sebelum beralih status pada tahun 2017, dikenal oleh masyarakat dengan nama Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin yang didirikan pada tanggal 20 November 1964. Tentunya ada banyak sekali alumni dari UIN Antasari Banjarmasin, beberapa orang diantaranya berkiprah di Pengadilan Agama Pulang Pisau yaitu: Bapak Mulyadi, Lc., M.H.I. Hakim PA Pulang Pisau, Bapak H. Mariansyah Noor, S.Ag. Panmud Gugatan, Ibu Hj. Norbaiti S.H.I., Panitera Pengganti PA Pulang Pisau, dan Mirayanti, S.H., PPNPN PA Pulang Pisau. 

Adik-adik Mahasiswa(i) yang melaksanakan Praktikum dengan Sistem Daring tersebut berasal dari Fakultas Syari’ah (FS), prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) dengan jumlah 19 orang peserta praktikum terdiri dari 5 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama ada 9 orang peserta yang menjadi pamongnya adalah Bapak Erpan, S.H., M.H., (Wakil Ketua PA Pulang Pisau) dan kelompok kedua ada 10 orang peserta dan yang menjadi pamongnya adalah Bapak Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., (Hakim PA Pulang Pisau). Praktikum secara daring ini dilaksanakan selama 1 bulan yakni dari tanggal 24 Juni 2020 sampai 24 Juli 2020.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritapraktikum 3.jpg

Adapun materi-materi ajar dalam pertemuan Praktikum Daring ini antara lain: Tugas dan Kewenangan Pengadilan Agama, Prosedur Mediasi di Pengadilan Agama, Mekanisme Penyelesaian Gugatan Sederhana, Alur Proses Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syari’ah, Adminitrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik, Bisnis Proses Adiministrasi Kepaniteraan, serta Teknik Pengolahan Content Video Profil. Setiap materi ajar tersebut diajarkan oleh Narasumber yang berbeda-beda, dan setiap Narasumber didampingi oleh Host Meeting/Moderator.

Pada hari Kamis, tanggal (25/06/2020), praktikum secara daring telah dilaksanakan, pada pertemuan pertama tersebut materi yang dibahas adalah mengenai Tugas dan Kewenangan Pengadilan Agama, dan yang menjadi Narasumber nya adalah Ibu Sri Roslinda, S.Ag., M.H., (Ketua PA Pulang Pisau), didampingi oleh Bapak Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., sebagai Host Meeting/Moderator.

Meskipun Pembelajaran dilakukan secara Daring melalui aplikasi Zoom, namun tidak sedikitpun mengurangi semangat adik-adik Mahasiswa(i), semuanya nampak terlihat sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh Narasumber. Semoga ilmu-ilmu yang didapat adik-adik mahasiswa(i) selama melaksanakan praktikum secara daring di PA Pulang Pisau menjadi ilmu yang bermanfaat untuk mereka kedepannya dan dapat mereka aplikasikan dengan baik saat mereka bekerja kelak. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

 

(Mry)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media