header pta Baru

Melalui Aplikasi Zoom Meeting Sekretaris PA Pulang Pisau ikuti Ujian seminar Aksi Perubahan

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 532Posted in Pulang Pisau

Melalui Aplikasi Zoom Meeting Sekretaris PA Pulang Pisau ikuti Ujian seminar Aksi Perubahan

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaujian yondri 1.jpg

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Senin, tanggal (11/05/2020) bertempat di Ruang Sidang PA Pulang Pisau Sekretaris PA Pulang Pisau Bapak Yondri Harta, S.E. melakukan persiapan untuk ujian seminar melalui Aplikasi Zoom Meeting tentang Aksi Perubahan dengan didampingi oleh Ibu KPA Pulang Pisau Sri Roslinda, S.Ag., M.H., selaku Mentor. 

Sebelum memasuki ujian SM. Devina Sanjayani, SE, SH., M.H selaku Coach meminta para Reformer untuk mengirim Laporan Aksi Perubahan untuk bahan pegangan Coach dan Penguji sebelum para Reformer melakukan ujian seminar. Reformer harus memaparkan hasil dari Laporan Aksi Perubahan kepada Penguji Ujian Seminar apa saja yang telah dibuat selama mengikuti Pelatihan Diklat. 

Yondri Harta, S.E., Selaku Reformer menjelaskan tentang Aksi Perubahan yang telah dibuat yaitu digitalisasi monitoring pelaksanaan tugas dengan Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelaksanaan Tugas atau yang disingkat (Simpeltask) serta kegunaan Aplikasi ini di bidang Kesekretariatan terutama di Pengadilan Agama Pulang Pisau.

SIMPELTASK merupakan aplikasi berbasis Website yang mendukung Bagian kesekretariatan yang sangat bermanfaat dari segala lini untuk menopang berjalannya Organisasi mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, Evaluasi dan Pelaporan. 

Dengan adanya aplikasi SIMPELTASK di Pengadilan Agama Pulang Pisau ini diharapkan dalam pelaksanaan Monitoring Tugas di bidang Kesekretariatan menjadi transparan sehingga akan memudahkan atasan langsung dalam memberikan penilaian dan mengontrol kinerja dari para bawahannya tanpa harus memonitor secara intens dan berjenjang, pimpinan juga dapat mengawasi dimanapun Ia berada tanpa harus berada di kantor. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaujian yondri 2.jpg

Selain itu, tujuan dari Proyek Perubahan Aplikasi SimpelTask adalah untuk mempermudah monitoring tugas di bagian Kesekretariatan dalam melaksanakan rencana aksi pelaksanaan tugas dan mempermudah monitoring kinerja aparatur di pengadilan.

Adapun manfaat yang dihasilkan dalam Proyek Perubahan Aplikasi SimpelTask ada dua yaitu Manfaat Internal dan Manfaat Eksternal:

Manfaat Internal

  1. Bagi Project Leader adalah Meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial serta mewujudkan suatu perubahan yang positif  untuk mewujudkan pembaharuan sumber daya manusia yang berpedoman pada model manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi pada Pengadilan Agama Pulang Pisau

  2. Bagi Satuan Kerja adalah Mengefisienkan waktu dalam Memonitor Pelaksanaan Tugas di pengadilan Agama Pulang Pisau, meningkatkan kinerja bagian kesekretariatan, meningkatkan laporan reformasi birokrasi Pengadilan Agama Pulang Pisau dan sekaligus peningkatan Laporan Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI serta Memudahkan bagian kesekretariatan dalam memonitoring penyelesaian Tugas Pada bagian Kesekretariatan di pengadilan agama Pulang Pisau.

Manfaat Eksternal

  1. Meningkatkan keterbukaan informasi tentang kinerja aparatur di Mahkamah Agung

  2. Agar Mahkamah Agung mendapatkan informasi dan masukan untuk mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelaksanaan Tugas(SimpelTask).

  3. Agar rencana proyek perubahan ini dapat dijadikan referensi dalam memperkaya materi dalam pembelajaran Diklat Kepemimpinan Tingkat IV.

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaujian yondri 3.jpg

Yondri Harta, S.E., menjelaskan Kesimpulan dari Aplikasi SimpelTask ini adalah untuk mempermudah Monitoring Pelaksanaan Tugas yang sebelumnya manual menjadi berbasis IT. Aplikasi SimpelTask menjadi sarana buat pegawai dan atasan langsung buat memonitor pelaksanaan pekerjaannya baik secara mandiri ataupun evaluasi atasan langsung sehingga lebih mudah dan transparan kepada seluruh Sthakeholder tentang Pelaksanaan Tugas.

Diakhir Ujian Seminar Reformer, Ia menjelaskan tentang siapa saja yang terlibat dalam Proyek Aksi Perubahan ini, “Tidak mungkin saya pribadi bisa mengerjakan langsung tanpa dukungan dari rekan-rekan lainnya,” ujarnya. 

 

Apalagi, lanjutnya, Proyek Aksi Perubahan ini menggunakan Aplikasi yang mana harus ada dukungan dari Programmer yang merancang inovasi atau ide saya terhadap Aplikasi yang akan dibuat untuk Proyek Aksi Perubahan tersebut. 

 

“Saya juga sangat berterima kasih kepada rekan-rekan yang telah membantu saya karena tanpa bantuan dari rekan-rekan semua Ujian Seminar ini tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, pungkas Sekretaris yang berdarah Minang ini.

 

(Akbar)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media