header pta Baru

Jum’at Penuh Berkah di PA Pulang Pisau, Pembinaan Hakim Agung Dengan Materi Sita Dan Eksekusi

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 448Posted in Pulang Pisau

Jum’at Penuh Berkah di PA Pulang Pisau, Pembinaan Hakim Agung Dengan Materi Sita Dan Eksekusi

F:PA Pulang PisauFoto Beritapembinaan hakim agung A.jpg

Jumat 8 Mei 2020 terlihat ada yang berbeda di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau. Pasalnya di Jumat pagi bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tersebut Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera PA Pulang Pisau memperoleh kesempatan untuk mengikuti pembinaan teknis yustisial Badan Peradilan Agama melalui live streaming. Pembinaan tersebut sangat disayangkan jika dilewatkan karena materi disampaikan langsung oleh Hakim Agung YM. Dr. H. Purwo Susilo SH., MH dengan judul Sita dan Eksekusi. Namun sebelum penyampaian materi, dalam kesempatan tersebut diawali dengan pembinaan dari Dirjen Badan Peradilan Agama Dr. Drs. Aco Nur SH., MH. 

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa “kita harus tetap bersyukur kepada Allah SWT walaupun dengan adanya Pandemi covid 19 ini, Badilag tetap berinisiatif untuk melakukan pembinaan melalui teleconfrance agar keadaan ini tidak menghambat tujuan dalam membangun Peradilan Agama menuju Peradilan yang modern. Oleh sebab itu PA maupun PTA seluruh Indonesia agar mengikuti dengan seksama dan mencatat apa yang disampaikan oleh YM Hakim Agung dalam setiap kali pembinaan”. 

Pada kesempatan kali ini pula Dirjen Badilag menyampaikan agar KPTA seluruh Indonesia tetap melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi zona integritas pada PA yang sudah siap untuk melakukannya. Mengenai kinerja SIPP juga agar lebih diperhatikan dan dievaluasi kembali. Hal ini karena mengingat ada beberapa PTA yang SIPP nya berwarna kuning dan merah. Keadaan saat ini jangan sampai membuat pelayanan kita kepada masyarakat menurun karena semuanya dapat diatasi. Salah satunya sudah ada Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Administrasi dan Persidangan secara Elektronik (E-Court dan E-Litigasi) agar dilaksanakan dan dikembangkan dengan baik, tuturnya”. 

F:PA Pulang PisauFoto Beritapembinaan hakim agung B.jpg

Sementara itu YM Hakim Agung Purwo Susilo sebelum menyampaikan materi menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dari keadaan pandemi covid 19 saat ini. 

Dalam kesempatan tersebut materi yang disampaikan oleh YM bersumber dari permasalahan-permasalahan yang ada pada Pengadilan seperti temuan hukum acara dalam berkas kasasi yang meliputi rancu antara putusan sela dan putusan akhir, pertimbangan eksepsi tidak jelas, gugatan ditolak tanpa pembuktian, pengakuan dengan klausa, eksekusi riil, judul eksekusi riil namun berita acara tentang sita, perlawanan eksekusi dikabulkan sedangkan eksekusi tetap dilanjutkan, pemulihan hak atas objek yang dieksekusi dan saat eksekusi ada objek yang sudah dijual oleh Termohon eksekusi dalam perkara harta bersama. 

Di akhir pemaparannya, beliau berharap agar semua materi yang disampaikan bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan baik dan tidak lagi ditemukan kasus yang sama, pungkasnya.

F:PA Pulang PisauFoto Beritapembinaan hakim agung C.jpg

Acara yang diakhiri dengan penutup oleh Direktur Pembinaan Teknis Peradilan Agama Bapak Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan seperti ini akan terus dilakukan setiap minggu dengan pemateri lainnya.  Hal ini dilakukan sebagai peningkatan kompetensi aparatur Peradilan Agama, yang sementara waktu dialihkan melalui media streaming dalam rangka untuk pencegahan covid 19. Dipersilahkan juga kepada pengadilan tingkat banding di wilayah masing-masing untuk berinovasi melakukan pembinaan seperti ini, pungkasnya.

 

(Nida)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media