header pta Baru

Ramadhan Kali Ini Ada Yang Berbeda Di PA Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 474Posted in Pulang Pisau

 

Ramadhan Kali Ini Ada Yang Berbeda Di PA Pulang Pisau

Bulan ini merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin di berbagai penjuru dunia. Dalam bulan tersebut banyak hikmah serta ganjaran pahala yang didapatkan dalam rangka pelaksanaan ibadah seorang hamba kepada tuhannya. Pada bulan ramadhan itu waktu diturunkannya al qur an, pada bulan itu pula semua pahala diilipat gandakan, dan pada bulan itu pula qiyamullail semakin ditingkatkan karena didalam nya terdapat suatu malam yang disebut dengan malam lailatul qadar sehingga menambah semangat kaum muslimin dan muslimat untuk meningkatkan ibadah.

Bulan puasa tahun ini agak berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebab ditengah suasana pandemic Covid-19 ini banyak kegiatan yang dilakukan secara bersama sama dan melibatkan banyak orang mulai tidak terlihat, biasanya pada sore hari kita melihat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan Tingang Menteng, kini sudah sepi, yang tampak hanya satu atau dua lapak saja yang membuka lapak dagangannya, masyarakat yang umumnya ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka juga sudah mulai jarang terlihat, acara buka bersama, taraweh berjamaah dan sholat lima waktu juga sudah tidak tampak di masjid seputar Pulang Pisau, suasana Pulang Pisau seperti kota mati. Adanya hal ini tidak terlepas dari wabah pandemic covid-19 sehingga seluruh masyarakat harus tetap di rumah (lockdown).

Suasana yang terjadi di kota Pulang Pisau juga berimbas di Pengadilan Agama Pulang Pisau, kalau tahun sebelumnya, di bulan ramadhan ini banyak kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama di kantor, namun kali ini semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang di hindari dan penerapan social distancing dilaksanakan dengan konsisten, sehingga Kegiatan buka bersamapun untuk kali ini juga ditiadakan, kegiatan tadarrus juga dilakukan dengan cara yang berbeda yakni diadakan di meja masing masing, bahkan kegiatan pesantren kilat juga ditiadakan untuk ramadhana tahun ini.

Meskipun dalam suasana puasa ramadhan, Kegiatan yang berkaitan dengan tupoksi PA Pulang Pisau tetap berjalan sebagaimana mestinya, hanya saja penerimaan perkara lebih ditekankan pada perkara melalui e-court dan perkara e-litigasi.

Ada beberapa perbedaan ramadhan di PA Pulang Pisau antara tahun ini dengan tahun sebelumnya yang di himpun oleh tim redaksi antara lain:

  1. Kegiatan yang melibatkan perkumpulan orang ditiadakan;
  2. Kegiatan tadarrus kali ini dilakukan di meja masing-masing tiap ruangan ;
  3. Buka bersama tidak dilakukan di kantor dan hanya dilakukan di rumah masing-masing.
  4. Setelah setiap selesai tadarrrus biasanya ada kegiatan saling bersalaman, namun kali ini tidak lagi dilakukan;
  5. Kegiatan Pesantren kilat yang dilakukan rutin setiap hari senin, juga ditiadakan;
  6. Selama 15 Hari menjelang H-15 dulunya sudah ramai membicarakan mengenai mudik lebaran, namun ramadhan tahun ini tidak ada kegiatan mudik bagi seluruh pegawai PA Pulang Pisau;
  7. Jam kerja yang semula dari pukul 7.30 WIB- 16.00 selama ramadhan menjadi pukul 08.00-15.00 untuk senin sampai kamis dan pukul 08.00-15.30 pada hari jumat.

Kepada Tim Redaksi, Ketua PA Pulang Pisau Sri Roslinda,S.Ag. M.H menyampaikan bahwa meskipun dalam suasana apapun semangat kerja tidak boleh padam, pelayanan harus tetap jalan, “jadi, ibadah tetap jalan, kerja tetap jalan dan semangat tetap tinggi tidak boleh kendor dan yang paling penting dan perlu diingat, protokoler pencegahan covid-19 harus tetap dipatuhi” ucapnya.

(Tim IT)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media