header pta Baru

208. “Hati Gembira” oleh Kasubag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Agama Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 256Posted in Muara Teweh

“Hati Gembira” oleh Kasubag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Agama Muara Teweh

Muara Teweh |Pa-mauarteweh.go.id

Dalam kultum Senin, 18 April 2022 dengan penceramah Kasubag Kepegawaian PA Mtw Ustadzah Eka Prihatini, S.AP menyampaikan materi dengan tema “Hati Gembira”. Dalam kultumnya Ustadzah Eka memberikan ada beberapa hal yang bisa memebuat kita senang pertama dengan apa yang kita makan. Makanan yang enak, nyaman di pandang kadang memberikan kita kesenangan, selain karena perut yang kenyang tapi juga dapat membahagiakan hati baik itu yang membuat dan memakannya yang mana membuat kita bersyukur bahwa kita masih diberikan berkah makanan. Dengan contoh buah Kurma, Ustadzah Eka menyampaikan khasiat dari buah kurma, seperti dapat menambah kecerdasan, menjaga kesehatan serta melancarkan pencernaan.

Lalu apa yang yang kita lakukan, contoh yang di ambil adalah berpuasa, dengan moment bulan Ramadhan tidak luput dari yang namanya puasa. Puasa adalah sebagai salah satu hal yang mengembirakan, dimana pada bulan Ramadhan puasa adalah hal wajib yang dilaksanakan umat muslim dengan salah satunya sebagai penggugur dosa. Contoh lainnya yaitu menggunakan parfum. Rasulullah sangat menyukai keindahan dan wangi-wangian. Disampaikan dalam kultum bahwa sunnah bagi Laki-laki ketika hari Jum’at ketika melaksanakan Shalat Jum’at menggunakan Parfum dan untuk wanita digunakan di rumah yang mana untuk menyenangkan hati keluarga.

Selanjutnya dengan berdzikir, berdzikir kepada Allah adalah salah satu cara mengembirakan hati, ketika dalam keadaan hati sedang gundah maka cara terbaik adalah dengan berdzikir kepada Allah, sebagai tempat curhat hati ke hati dengan Allah SWT. Allah Maha Mendengar dan Maha Penyayang. Diriwayatkan oleh Imam Ghazali “Haram hukumnya sakit hati, wajib hukumnya senang hati”. (aes)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media