header pta Baru

Hakim PA Kuala Pembuang Ikuti Diklat Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) di Lingkungan Mahkamah Agung

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 357Posted in Kuala Pembuang

Hakim PA Kuala Pembuang Ikuti Diklat Pengendalian Intern atas Pelaporan
Keuangan (PIPK) di Lingkungan Mahkamah Agung

pipk 1

Kuala Pembuang│pa-kualapembuang.go.id

Seruyan – Jum'at, 01 April 2022. Hakim PA Kuala Pembuang, Eko Apriandi, S.H. berkesempatan mengikuti diklat Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) di Lingkungan Mahkamah Agung secara jarak jauh dari tempat kerja yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan (Menpim) Mahkamah Agung berkerja sama dengan Pusdiklat Pengawasan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kegiatan diklat jarak jauh tersebut dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret 2022 dan berakhir pada tanggal 1 April 2022.

Sesuai dengan jadwal yang telah disusun Pusdiklat Pengawasan BPKP, diklat Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) angkatan IV tersebut dilaksanakan dengan jumlah total jam pelatihan sebanyak 50 (lima puluh) jamlat. Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber dari Mahkamah Agung dan para widyaiswara Pusdiklat Pengawasan BPKP.

pipk 2

Pada hari pertama, setelah diklat dibuka secara resmi, peserta diklat memperoleh materi seputar gambaran umum PIPK dan konsep dasar penilaian PIPK serta gambaran umum PIPK di lingkungan Mahkamah Agung. Pada hari kedua, materi yang diberikan adalah penilaian PIPK tingkat entitas, identifikasi proses utama dalam pelaporan keuangan, identifikasi risiko dan pengendalian pelaporan keuangan dan penyusunan matriks risiko pengendalian.

Selanjutnya pada hari ketiga, materi yang disampaikan adalah tentang penilaian efektivitas rancangan pengendalian, pengujian kesesuaian implementasi pengendalian dengan rancangan dan pengujian atribut pengendalian. Memasuki hari keempat, narasumber menyampaikan materi tentang penarikan simpulan efektivitas implementasi dan penilaian PIPK secara keseluruhan. Adapun pada hari terakhir diklat, materi disempurnakan dengan materi seputar penyusunan laporan penilaian PIPK dan tindak lanjut hasil reviu/penilaian PIPK.

Pada penutupan diklat PIPK angkatan IV tersebut, penyelenggara diklat dari Pusdiklat Pengawasan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga mengumumkan 3 (tiga) besar peringkat terbaik. Walhasil, Eko Apriandi yang merupakan Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid) Kesekretariatan PA Kuala pembuang tersebut berhasil menempati posisi peserta diklat terbaik peringkat kedua dari seluruh peserta diklat PIPK kelas B. (Redaksi/EAN)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media