header pta Baru

PA Kuala Pembuang Ikuti Pembukaan Rakor Badilag Tahun 2022

Written by PA Kuala Pembuang on . Posted in Kuala Pembuang

Written by PA Kuala Pembuang on . Hits: 346Posted in Kuala Pembuang

PA Kuala Pembuang Ikuti Pembukaan Rakor Badilag Tahun 2022

 rakor badilag 1

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

Seruyan – Minggu, 13 Maret  2022. Bertempat di Ruang Media Center, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Jurusita dan aparatur PA Kuala Pembuang mengikuti acara pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Badilag Tahun 2022 secara virtual yang dirangkai dengan Peluncuran Aplikasi SIMTEPA (Sistem Informasi Tenaga Teknis Peradilan Agama) dan Aplikasi Acces CCTV Online (A.C.O) serta pemberian penghargaan kepada Pengadilan Agama Berprestasi dan pembinaan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Ditjen Badan Peradilan Agama (Badilag) akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dari tanggal 13 Maret sampai dengan 15 Maret 2022 yang digelar di Hotel Haris, Surabaya dan diikuti oleh seluruh Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Syariah Aceh seluruh Indonesia. Adapun tema Rakor Badilag Tahun 2022 adalah “Meningkatkan Kinerja Berbasis Teknologi Menuju Peradilan Agama Berkelas Dunia”. Turut hadir dalam pembukaan Rakor tersebut, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Agung.

Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., selaku Dirjen Badilag dalam laporannya menyampaikan berbagai capaian gemilang sepanjang tahun 2021, diantaranya peradilan agama banyak meraih penghargaan berupa predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB. “Hingga saat ini 104 satuan kerja peradilan agama memperoleh predikat WBK dan 6 satuan kerja meraih predikat WBBM, termasuk Badan Peradilan Agama (Badilag) yang menjadi unit eselon I pertama meraih predikat tersebut”, ujar beliau. Pada penghujung tahun 2021 Badilag juga meraih anugerah “Top Digital Award Bintang 4” dan “Top Leader on Digital Implementation” untuk Direktur Jenderal (Dirjen) Badilag dari Majalah IT Works yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

rakor badilag 2

Foto: Aparatur PA Kuala Pembuang saat mengikuti pembukaan Rakor Badilag Tahun 2022
yang digelar secara virtual (13/03/2022)

Regiatan Rakor Badilag tahun 2022 tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung. Dalam arahannya, beliau mengapresiasi capaian prestasi yang ditorehkan oleh peradilan agama dan agar prestasi tersebut dapat terus dipertahankan. Ketua Mahkamah Agung juga melaunching 2 (dua) aplikasi inovasi Badilag, yakni Access CCTV Online (A.C.O) dan Sistem Informasi Manajemen Tenaga Teknis Peradilan Agama (SIMTEPA), menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), serta menyerahkan piagam penghargaan kepada satuan kerja peradilan agama berprestasi.

Aplikasi A.C.O mendukung terwujudnya transparansi, pengawasan, dan monitoring kinerja seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama. Aplikasi A.C.O meraih penghargaan dari MURI sebagai Lembaga Yudikatif dengan Koneksi CCTV Secara Daring Terbanyak. Badilag telah terkoneksi secara realtime dan terpusat dengan 4000 titik CCTV pada 441 satuan kerja peradilan agama di seluruh Indonesia. Aplikasi SIMTEPA mendukung SIKEP Mahkamah Agung dalam memenuhi kebutuhan Badilag terhadap pengambilan kebijakan promosi dan mutasi secara cepat, tepat, dan paperless. (Redaksi/EAN)

 
 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media