header pta Baru

Dukung Program Bupati: Ketua PA Hadiri Gerakan Tanam Jagung Hibrida Kabupaten Gunung Mas

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 588Posted in Kuala Kurun

Dukung Program Bupati: Ketua PA Hadiri Gerakan Tanam Jagung Hibrida Kabupaten Gunung Mas 

C:UsersSalmunEfendiDownloadsjagung 1.jpg

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pertanian menggelar kegiatan tanam jagung hibrida tahun 2020 di lahan milik kelompok tani (poktan) sejahtera Kuala Kurun di samping bundaran arah Linau pukul 08.00 WIB (23/06/2020) di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si, Ketua TP PKK Gumas, Mimie Mariatie, Wakil Bupati Gumas, Efrensia L.P. Umbing, Ketua DPRD Gumas, Akerman Sahidar, Wakil Ketua DPRD I Gumas, Binartha, Kapolres Gumas, AKBP Rudi Asriman, Kejaksaan Gunung Mas diwakil Kasi Intel, Firman Hadi Saputra, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Rudy Ruswoyo, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H, Plt Pabung 1016/Plk Kuala Kurun, Inf M. Ayyuf.

Laporan oleh Kepala Dinas Pertanian, Rody Aristo Robinson mengatakan: “Pada tahun 2020 sekarang ini sesuai penganggaran ditargetkan 500 hektar. Berdasarkan hasil calon petani calon lokasi (CPCL), luasan itu tersebar di sembilan kecamatan dan 44 poktan.  Untuk penyediaan sarana produksi berupa kapur, pupuk, herbisida, dan benih sudah disalurkan untuk 500 hektar atau 100 persen. Di tahun 2021 kedepannya kami juga sudah berencana mengembangkan jagung hibrida di lahan seluas 1.000 hektar dan untuk saat ini dalam proses pelaksanaan survei investigas dan desain, “kata Rody Aristo Robinson.

Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si dalam sambutannya mengatakan: “Tanam jagung hibrida merupakan pelaksanaan program smart agro dari program prioritas Dinas Pertanian tahun 2020, yaitu peningkatan kesejahteraan petani, ketahanan pangan, penerapan teknologi, pemberdayaan penyuluh, sarana prasarana pertanian dan produksi ternak. Agar produksi pengembangan jagung dapat optimal, diperlukan keseriusan budidaya dan swadaya petani dalam memanfaatkan bantuan yang diberikan Dinas Pertanian, “tutur Jaya Samaya Monong.

”Terkait dengan pembukaan lahan untuk pertanian pada prinsipnya mengambil kebijakan mendukung upaya-upaya kearifan lokal salah satunya berladang. Lahan boleh saja dibakar tetapi ada ketentuan-ketentuan yang harus ditaati agar tidak merugikan dalam melestarikan lingkungan dan harus betul-betul diperhatikan serta dipersiapkan lahannya agar hasilnya maksimal. Harapan saya  melalui gerakan ini poktan akan dapat meningkatkan pemanfaatan lahan dan semakin giat dalam mengolah lahan pertanian, sehingga hasil usaha tani dapat meningkat dan memberi dampak baik untuk kesejahteraan keluarga petani, “ucap Jaya Samaya Monong.

Tim redaksi PA Kuala Kurun menyambangi Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun, yang sering disapa Ali, mengatakan: Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gunung Mas karena di undang dalam kegiatan ini. “Selaku Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun saya mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam meningkatkan sektor pertanian salah satunya tanam jagung hibrida pada tahun 2020 ini. Serta visi dan misi Kepala Daerah dalam pencapaian misi ke 3 yakni peningkatan daya saing ekonomi wilayah. Dan juga tidak lupa selalu mengingatkan agar seluruh petani khususnya di Poktan Sejahtera agar selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19. “tutur Muhammad Aliyuddin.

C:UsersSalmunEfendiDownloadsjagung 2.jpg

Diakhir acara ditutup dengan foto bersama dan menyantap sarapan pagi yang sudah disediakan.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (NV - TI)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media