header pta Baru

Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (KARHUTLA) Pemda Gunung Mas Gelar Apel Pasukan Yang Dihadiri Wakil Ketua PA Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 644Posted in Kuala Kurun

Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (KARHUTLA) Pemda Gunung Mas Gelar Apel Pasukan Yang Dihadiri Wakil Ketua PA Kuala Kurun

C:UsersUserPicturesFoto Beritapasukan 1.jpg

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun -  Rabu, (10/5/2020) Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menggelar Apel Pasukan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) di wilayah Kabupaten Gunung Mas di halaman Kantor Bupati pukul 09.00 WIB yang memimpin langsung Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si.

Apel ini dihadiri oleh Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si, Wakil Bupati Gumas, Ir. Efrensia L.P. Umbing, M.Si, Wakil Ketua DPRD I, Binartha, Polres Gumas diwakili Wakapolres, Kompol Theodorus Priyo Santosa, S.I.K, Kejaksaan Negeri Gumas, diwakili Kasi Pidsus, Agus Yuliana, Pengadilan Negeri Kuala Kurun diwakili, Mario Reymond Pandey Silalahi, S.H., Pengadilan Agama Kuala Kurun diwakili, Muchamad Misbachul Anam, Sekda Gumas, Yansiterson, M.Si, Pabung 1016/Plk diwakili Ayub.

C:UsersUserPicturesFoto Beritapasukan.jpg

Dalam sambutannya Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si, mengatakan: “Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu, dan juga kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Mas yang telah memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Gunung Mas sehingga penanganan karhutla lebih efektif dan efisien. Setiap wilayah atau daerah memiliki potensi bencana karena bencana dapat disebabkan oleh berbagai faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia. Bencana yang disebabkan oleh faktor alam sangat sulit diprediksi dan diantisipasi sehingga tindakan yang bisa kita lakukan adalah upaya penanggulangan, “kata Jaya Samaya Monong.

“Kabupaten Gunung Mas bukan daerah yang bebas dari bencana walaupun jarang kita dengar ada bencana yang disebabkan oleh faktor alam, maupun non alam. Bencana yang sering di Kabupaten Gunung Mas disebabkan oleh ulah manusia berupa bencana kebakaran lahan dan merambah ke hutan yang menimbulkan asap tebal yang membahayakan kesehatan manusia. Menyikapi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Gunung Mas, upaya penanggulangan mulai dari pra bencana menjadi lebih penting untuk dilakukan apabila kita percaya bahwa mencegah lebih baik dari pada menanggulangi, “ucap Jaya Samaya Monong.

“Saya harapkan dalam pelaksanaan Apel Pasukan Persiapan Penanganan Karhutla Kabupaten Gunung Mas Tahun 2020 yang melibatkan Pemerintah Daerah,TNI, POLRI, Manggala Agni, PMI dan Masyarakat berperan aktif secara kolektif dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dapat diatasi sehingga dengan demikian kita dapat mewujudkan komitmen bersama bahwa Kalimantan Tengah Bebas Asap Tahun 2020, “tutur Jaya Samaya Monong.

C:UsersUserPicturesFoto Beritaupacara.jpg

Selesainya apel dilaksanakan, adapun acara tambahan yaitu penyerahan simbolis tiga unit pemadam roda tiga untuk sarana melaksanakan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) kepada tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Sepang, Manuhing, dan Mihing Raya oleh Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong.

Tim Redaksi PA Kuala Kurun menyambangi Wakil Ketua PA Kuala Kurun, Muchamad Misbachul Anam, S.H.I., M.H. mengatakan: “Dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak hanya tanggung jawab Pemerintah daerah ataupun penegak hukum tetapi dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melakukan penanggulangan. Apabila ada yang melanggar agar langsung ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku. Saya berharap dengan adanya upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Pemkab Gunung Mas kebakaran hutan dan lahan bisa diatasi dengan kondusif dan baik, “kata Muchamad Misbachul Anam. 

“Bravo PA Kuala Kurun!” (NV - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media