header pta Baru

PA BUNTOK HADIRI LAUNCHING DAN SOSIALISASI UPAYA HUKUM KASASI DAN PK SECARA ELEKTRONIK, 26 APRIL 2024

Written by PA Buntok on . Posted in Buntok

Written by PA Buntok on . Hits: 14Posted in Buntok

PA BUNTOK HADIRI LAUNCHING DAN SOSIALISASI UPAYA HUKUM KASASI DAN PK SECARA ELEKTRONIK, 26 APRIL 2024

 

Jum’at, 26 April 2024 Pengadilan Agama Buntok hadiri launching dan sosialiasi nasional Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/ PK secara elektronik oleh Pimpinan Mahkamah Agung secara daring dari Ruang Media Center. Tampak hadir, Panitera Muda Hukum (Danu Aprilianto, S.H.I., M.H.) dan Panitera Muda Gugatan (Sri Hidayanti, S.H.I).

Dalam laporannya Panitera Mahkamah Agung, Dr. Heru Pramono, S.H., M.H. menyampaikan ucapan syukur setelah PERMA Nomor 6 Tahun 2022 tentang Administrasi Pengajuan Upaya Hukum dan Persidangan Kasasi dan Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung Secara Elektronik terbit, akhirnya Tim pengembangan dan sistem informatika Biro Hukum dan Humas MA dapat menyelesaikan infrastruktur PERMA tersebut dan per tanggal 1 Mei 2024 Perma tersebut dapat diimplementasikan. Permohonan Kasasi/PK tidak perlu lagi dikirim versi cetak, tetapi cukup mengirim dokumen secara elektronik melalui aplikasi Sistem Informasi Perkara Pengadilan (SIPP) versi 5.5.0.

Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. secara resmi melaunching Upaya Hukum Kasasi/ PK secara elektronik. Dalam pembinaanya beliau menyampaikan Upaya Hukum Kasasi/ PK secara elektronik untuk mewujudkan prosedur berperkara yang sederhana, cepat dan biaya ringan, serta mewujudkan pengadilan yang modern dan profesional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Untuk diketahui, ditahun 2024 sampai berita ini dirilis PA Buntok baru menerima 1 perkara kasasi secara manual. Dengan hadirnya upaya hukum kasasi/PK secara elektronik ini bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Ungkap Sri Hidayanti (Panmud Gugatan).

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media