header pta Baru

SATU DARI SEMBILAN GENERASI PERTAMA PENGADILAN AGAMA SUKAMARA MUTASI KE KAMPUNG HALAMAN

Written by Edi on . Posted in Sukamara

Written by Edi on . Hits: 702Posted in Sukamara

SATU DARI SEMBILAN GENERASI PERTAMA PENGADILAN AGAMA SUKAMARA 

MUTASI KE KAMPUNG HALAMAN

Sigit Purnomo, S.Kom (tengah berkacamata) berfoto bersama Seluruh Keluarga Besar PA Skr

Sukamara | PA Sukamara (Senin, 25/11/2019). Pagi itu, suasana Sukamara tak jauh beda dari hari-hari biasanya. Tidak banyak hiruk pikuk, jauh dari ramainya lalu lalang, tidak terlalu padat kendaraan menuju Komplek Perkantoran, udara pun masih sangat segar dan sejuk seperti biasanya. Namun setibanya di Kantor Pengadilan Agama Sukamara baru terasa hawa berbeda. Ada semacam suasana yang tidak biasa, suasana dimana pada pagi itu suasana kantor bak terasa hening, kikuk dan terasa ada yang kurang, ada yang tidak lengkap.

Ya…, senin pagi tanggal 22 Nopember 2019 tersebut adalah hari pertama dimana PA Sukamara kehilangan salah satu dari pejabatnya. Hari itu adalah hari di mana rekan-rekan PA Sukamara merasakan ada sesuatu yang tidak biasa karena ditinggalkan oleh rekan satu seperjuangan. Suara setiap pagi yang selalu terdengar “ngopi-ngopi…!” atau sautan balasan dari rekannya yang lain “ngopi mas…?!” untuk pertama kalinya pagi itu nyaris tidak terdengar lagi.

Suara-suara pagi yang mencairkan tersebut bakalan jarang terdengar lagi untuk tidak mengatakan tidak akan lagi terdengar. Karena rekan seperjuangan kami dari Generasi Pertama yang sangat penyuka kopi pahit tersebut, Sigit Purnomo, S.Kom, Kasub Bag Umum dan Keuangan PA Sukamara, perhari Jum’at siang tanggal 22 Nopember 2019 telah kami hantarkan dalam acara Perpisahan dan Pengantar Alih Tugas.

Sebagaimana Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 836/SEK/Kp.I/SK/X/2019 Tanggal 14 Oktober 2019 tentang Pemberhentian dan Pemindahan Pejabat Struktural Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, Rekan yang asli Kabupaten Klaten Jawa Tengah tersebut mutasi ke Pengadilan Agama Klaten Kelas IB.

“Memberhentikan Sdr Sigit Purnomo, S.Kom nomor urut 6 NIP 1989042015031004 Pangkat/Gol.ruang Penata Muda Tk.I (III/b) Jabatan Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan pada Pengadilan Agama Sukamara Kelas II Eselon IVb, dan memindahkan sebagai Pelaksana pada Pengadilan Agama Klaten”, bunyi diktum Kesatu dari Surat SEKMA RI tersebut.

Untuk diketahui, sejak PA Sukamara diresmikan berdirinya oleh YM. Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 22 Oktober 2018 di Kabupaten Meloungane Sulawesi Utara, Sigit Purnomo, S.Kom merupakan satu dari Sembilan Generasi Pertama yang ditugaskan di PA Sukamara. Pejabat yang sebelumnya bertugas di PA Sampit selama kurang lebih 3 tahun sebagai Staf di Kesekretariatan tersebut bersama dengan Delapan Aparatur lainnya pertanggal 26 Oktober 2018 dilantik dan disumpah sebagai punggawa pertama untuk ikut mendukung terlaksananya kekuasaan kehakiman di wilayah Kota Permata, Kabupaten Sukamara.

Dan sebagai wujud keraketan, kesetiakawanan dan kekeluargaan, serta penghargaan, pada hari Jum’at Siang tanggal 22 Nopember 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama, PA Sukamara mengadakan acara Perpisahan dan Pengantar Alih Tugas untuk Sdr Sigit Purnomo, S.Kom.

Acara yang dikemas secara sederhana namun penuh dengan kehangatan dan suasana kekeluargaan tersebut, dihadiri dan diikuti oleh Seluruh Aparatur PA Sukamara dan Segenap Keluarga Besar PA Sukamara, yakni ibu-ibu Dharmayukti Karini beserta Para Anak-anak.

Tampak Sigit Purnomo, S.Kom selaku Pegawai yang akan meninggalkan PA Sukamara menyampaikan kesan dan pesannya

Setelah penayangan Video Selayang Pandang tentang Pejabat yang dihantarkan, yang beirisi foto-foto selama ia bertugas di PA Sukamara, foto-foto selama ia bercengkerama dengan Rekan-rekan dan Keluarga Besar PA Sukamara, acara dilanjutkan dengan penyampaian Kesan Pesan dari Pejabat yang dihatarkan. “Sungguh sangat berat saya rasakan hari ini, sebab saya harus merangkai kata-kata perpisahan, padahal kata yang sangat saya benci adalah Perpisahan”, tegasnya diawal-awal menyampaikan kesannya. 

“Selama saya bertugas di PA Sukamara, sebagaimana kebiasaan saat saya dulu bertugas di PA Sampit, dalam sebulan sampai dua bulan saya terbiasa meninggalkan rekan-rekan untuk berkunjung menemui istri yang ada di Klaten, namun sungguh baru hari ini saya merasakan sangat berat rasanya meninggalkan rekan-rekan semuanya”, lanjutnya seraya membetulkan kacamatanya pertanda ia meneteskan air mata kesedihannya.

Apriansyah, S.H., mewakili rekan-rekan menyampaikan pesan/kesan untuk/selama bekerja sama dengan Sigit Purnomo, S.Kom di PA Sukamara 

Selepas kesan pesan dari Pejabat yang dihantarkan tersampaikan, kemudian giliran kesan dan pesan dari yang ditinggalkan. Dan untuk itu, Jurusita Apriansyah, S.H. selaku karibnya sejak di Sampit didaulat untuk mewakili rekan-rekan. Jurusita yang juga terpaksa berpisah dengan anak istri karena tugas tersebut, tidak banyak mampu menyampaikan kesan dan pesannya. Hal yang wajar di rasa, mengingat selama hampir 4 tahun lamanya, keduanya menjalin kekariban. Dari satu kantor di PA Sampit, satu RT saat tinggal di Sampit, satu komunitas ngopi saat di Sampit, satu nasib saat mutasi ke PA Sukamara, sampai satu Barakan saat di Sukamara. 

“Maaf…, saya tidak mampu banyak berkata-kata, saya hanya menyampaikan bahwa kami semua sungguh merasa sangat kehilangan dengan mutasinya Sdr Sigit Purnomo, S.Kom ke PA Klaten. Semoga suatu saat kita bisa dipertemukan kembali meski tidak dalam suasana melaksanakan tugas”, tegasnya sambil pula meniteskan air matanya.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media