header pta Baru

Kasubbag Umum dan Keuangan Serta Bendahara Pengeluaran PA Sampit Mengikuti EUT SAKTI Web di KPPN Sampit

Written by Mursidi, S.H. on . Posted in Sampit

Written by Mursidi, S.H. on . Hits: 948Posted in Sampit

Kasubbag Umum dan Keuangan Serta Bendahara Pengeluaran PA Sampit Mengikuti EUT SAKTI Web di KPPN SampitG:BERITABERITA PA SAMPIT 2019NOVEMBERkppnsakti.jpg

Sampit| www.pa-sampit.go.id 

Selasa (26/11/2019) pukul 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB Kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Sampit Anita Rahma Diyani, S.H.I. yang juga menjabat sebagai Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Pengadilan Agama Sampit dan Bendahara Pengeluaran Umi Watini, A.md. menghadiri Undangan dari KPPN Sampit yaitu Pelaksanaan End user Training (EUT) SAKTI Web, berdasarkan undangan dari Kepala KPPN Sampit Nomor: Und-043/WPB.18/KP.04/2019 tanggal 20 November 2019. 

Kepala KPPN Sampit Budi Lesmana dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berkenaan dengan persiapan Piloting SAKTI Web Tahun 2020 dan menindaklanjuti Nota Dinas Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Nomor ND-1423/PB.8/2019 tanggal 14 November 2019 hal Pelaksanaan End User Training (EUT) SAKTI Web oleh KPPN Tahun 2019, maka diperlukan koordinasi antara Satker dengan KPPN dalam penyampaian panduan teknis pelaksanaan Training SAKTI Web Modul Admin dan Modul Penganggaran.

G:BERITABERITA PA SAMPIT 2019NOVEMBERkppnsakti1.jpg

 

Dalam  mendukung pelaksanaan sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) pada tingkat instansi/satuan kerja (satker) mulai 2020 sistem aplikasi keuangan tingkat instansi (SAKTI) berbasis jaringan internet mulai diaplikasikan. Sistem ini dibangun guna  mendukung pelaksanaan sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) pada tingkat instansi/satker. Komponen/modul aplikasi ini terdiri atas pengelolaan anggaran, komitmen, pembayaran, bendahara, persediaan, dan aset tetap. Selain itu, general leger dan pelaporan dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi informasi,

Untuk saat ini masing-masing peserta akan diberikan pemahaman tentang modul penganggaran dan modul administrator yang akan diimplementasikan mulai tahun anggaran 2020. Dalam penerapan SAKTI berbasis web ini, katanya, pengguna diwajibkan menggunakan e-mail kedinasan yang diterbitkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Penggunaan aplikasi ini akan mendukung tata kelola keuangan yang lebih baik, yang mampu mengakomodasi pengelolaan keuangan dari tingkat satker sampai tingkat kementerian. SAKTI juga mampu mengintegrasikan proses pengelolaan keuangan dari penganggaran sampai dengan pelaporan menggunakan satu database.

G:BERITABERITA PA SAMPIT 2019NOVEMBERkppnsakti2.jpg

Aplikasi ini berbasis web, maka user/pengguna akan dimudahkan untuk mengoperasionalkan masing-masing modulnya di mana saja. Sepanjang terdapat jaringan internetnya, sesuai dengan visi dan misi pemerintah untuk mengoptimalkan teknologi. Maka implementasi SAKTI ini akan menjawab lebih simpel dan lebih mudah dalam pengelolaan keuangan di masing-masing satker. (Tim Redaksi PA Sampit)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media