header pta Baru

Implementasi Hasil Rapat Kepaniteraan PA Pulang Pisau Bersama Panitera Baru

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 505Posted in Pulang Pisau

Implementasi Hasil Rapat Kepaniteraan PA Pulang Pisau Bersama Panitera Baru

Setelah dilantiknya Panitera baru Pulang Pisau Bapak H. Muhammad Sidik, S.H. pada tanggal 27/3/2020 lalu, gebrakan dari Pimpinan baru pada bagian kepaniteraan pun dimulai. Itu terlihat pada kegiatan beliau untuk mengadakan rapat dalam mengevaluasi kegiatan-kegiatan, membangun rencana atau Program Kerja kedepan dan berdiskusi tentang apa yang jadi kendala di dalam perkerjaan. Rapat dimulai pada hari Jumat, (3/4/2020) dan dipimpin langsung oleh Panitera Pulang Pisau Bapak H. Muhammad Sidik, S.H., dengan notulen Gusti Astuti Wulandari, S.H. dan diikuti oleh semua unsur Kepaniteraan baik Panmud Gugatan Bapak H. Mariansyah Noor, S.Ag, Panmud Permohonan Ali Maungga, S.H., Panitera Pengganti Ibu Hj. Norbaiti, S.HI dan Staf Pelaksana beserta Honorer bagian PTSP.

Dalam rapat, Bapak H. Muhammad Sidik, S.H membahas mengenai pembenahan tata letak dari ruang kepaniteraan khususnya ruang arsip perkara karena setiap tahun jumlah perkara yang akan diarsipkan akan terus bertambah, “jadi kita harus berbenah dari sekarang,” ucapnya.

Beliau juga membahas tentang Penataan arsip perkara dengan melakukan digitalisasi arsip perkara dari manual ke digital (elektronik). Meskipun hingga kini Pengadilan Agama Pulang Pisau tidak mempunyai petugas khusus arsiparis, tetapi hal itu tidak menjadikan penghalang Pengadilan Agama Pulang Pisau untuk menata Arsip perkara agar tertata dengan rapi. Selain itu dilakukan alih media agar arsip agar arsip tersebut tetap terjaga dan bisa digunakan dalam masa panjang, serta lebih efektif dan efisien.

 

Pembahasan terakhir yang menjadi focus dalam rapat adalah mengenai penerimaan perkara dalam keadaan COVID-19. Panitera Pulang Pisau menyampaikan dalam rapat bahwasanya untuk PTSP dalam penerimaan perkara, kita arahkan semuanya mendaftar menggunakan e-court. Hal tersebut dilakukan agar mengurangi intensitas tatap muka secara langsung ataupun mengurangi berkumpulnya masyarakat pencari keadilan dalam mendaftar.

Dalam rapat ini Panitera PA Pulang Pisau juga memberikan motivasi beribadah kepada seluruh peserta rapat, dengan mengingatkan untuk selalu ingat kepada Allah SWT, karena dengan selalu mengingat Allah dan melaksanakan kewajiban kita sebagai hambanya, insya Allah pekerjaan dan Rezeki kita akan lancer. Di samping itu kita sebagai manusia harus pandai bersyukur, karena Allah berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang menerangkan bahwa Jika kita pandai bersyukur, maka Allah akan tambahkan (nikmat) tapi jika kita mengingkari rasa syukur itu, maka Allah akan memberikan azab yang pedih.

Tidak lupa juga kepada para petugas PTSP Ia berpesan agar bisa lebih mendalami Surat Keputusan DITJEN Badilag No. 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 Tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Lingkungan Peradilan Agama karena SK tersebut menjadi acuan bagi para petugas PTSP. Serta petugas PTSP haruslah memahami kedudukan dan struktur organisasi, memahami tugas pokok dan fungsinya, dapat terampil mengoperasikan komputer, harus pandai berkomunikasi dengan baik dan santun dan terakhir mampu bekerja sama dalam Tim sesuai Pasal 14 dalam Surat Keputusan DITJEN Badilag No. 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018.

 

Bapak H. Muhammad Sidik, S.H. juga tak henti-hentinya membangun rasa kekeluargaan di dalam Kepaniteraan, karena menurut beliau dengan kita membangun kerjasama, saling membantu, saling peduli dan saling mengajari satu sama lain walaupun itu bukan menjadi jobdesk kita, dengan begitu segala sesuatu yang berat dalam pekerjaan akan menjadi ringan dan cepat selesai serta akan memperkuat tali persaudaraan kita.

“Rapat ini akan menjadi rapat pendahuluan kita dimana akan ada lagi rapat kedepannya untuk membahas dan mengevaluasi kinerja setiap sektor bidang serta program kerja kita sudah sampai mana agar kinerja Kepaniteraan PA Pulang Pisau semakin terukur, terstruktur, kompeten dan profesional,” tutup Panitera kelahiran Kota Baru, 17 Maret 1971 ini.

Saat ini program kerja kepaniteraan sebagaimana tersebut di atas sudah diimplementasikan dengan baik, terlihat dari ruang arsip perkara sudah tertata dengan baik, begitu pula digitalisasi arsip perkara, penerimaan perkara dalam masa pandemic dengan menggunakan metode e-court dan lainnya. Bravo Kepaniteraan PA Pulang Pisau, terus berkreatifitas dan sukses selalu.

(Bemby)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media