header pta Baru

Lebih Dalam Mengenal Panitera PA Kuala Kurun, H. Abdul Khair, S.Ag

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 731Posted in Kuala Kurun

Lebih Dalam Mengenal Panitera PA Kuala Kurun, H. Abdul Khair, S.Ag

C:UsersUserPicturesScreenshotsScreenshot (10).png

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun –   Di Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II memiliki Panitera yaitu H. Abdul Khair, S.Ag. yang sering dipanggil dengan sebutan Pak Haji. Pria kelahiran Anjir Serapat, 12 Maret 1971. Beliau merupakan anak pertama dari Bapak H. Yunus (Alm) dan H. Norhasidah (Alm) memiliki saudara perempuan kandung sebanyak 4 orang yaitu Hj. Ruyani (Alm), Hj. Isnawati, Hj. Rusmayanti dan Budi.

Jenjang Pendidikan formal mulai beliau tempuh di SDN Selat VI Kuala Kapuas dari tahun 1977-1984, kemudian ia melanjutkan Madrasah Tsanawiyah Manarul Huda Palangka Raya tahun 1984-1987 setelah itu beliau melanjutkan mondok di Darussalam Martapura selama 3 tahun, lalu beliau lanjut ke tahap sekolah Madrasah Aliyah Manarul Huda Palangka Raya pada tahun 1991-1990. 

Pada tahun 1990 ia menikah dengan wanita idamannya yang bernama Hj. Mery Suswati dengan dikarunia anak 2 orang, 1 perempuan dan 1 laki-laki yang bernama Nor Fina Dewi dan Muhammad Iqbal Maulana. Tidak lama kemudian ia melanjutkan studinya pada jurusan Hukum Islam di Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin Tahun 1991-1996. Ketika menempuh bangku kuliah beliau aktif dalam Organisasi HMI ( Himpunan Mahasiswa Islam) menduduki Jabatan sebagai Humas selama 4 tahun, Himpunan Mahasiswa Kab. Kapuas menduduki Jabatan sebagai Humas selama 2 tahun dan PMKK (Perkumpulan Mahasiswa Kab. Kapuas) menduduki Jabatan sebagai Ketua.

Pengalaman kerja terakhir beliau sebelum menjadi ASN sempat hidup dari nol yaitu berjualan dagangan yang sering disebut oleh orang banjar yaitu cabutan untuk anak-anak. Motto beliau adalah selalu berjuang selama menjalani hidupnya. Beliau mendapatkan SK CPNS oleh Menteri Agama Tahun 1997 . 

Diangkat menjadi PNS pada tahun 1998-1999 sebagai Jurusita Pengganti Kelompok Fungsional Kepaniteraan di Pengadilan Agama Palangka Raya, lalu tahun 1999-2001 naik jabatan sebagai Kepala Sub Bagian Umum Pengadilan Agama Palangka Raya, 2001-2002 diangkat kembali menjadi Kepala Sub Kepegawaian Pengadilan Agama Palangka Raya, selama 2 tahun kinerja yang bagus pada tahun 2002-2009 diangkat menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Agama Kuala Kapuas, tahun 2009-2010 diangkat lagi menjadi Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Kuala Kapuas, tak lama 2010-2018 sebagai Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kuala Kapuas dan terakhir 2018-sekarang dipindahkan tugas di Pengadilan Agama Kuala Kurun sebagai Panitera. Diluar, selain menjadi Pegawai Negeri Sipil beliau juga mengajar sebagai dosen di STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Kuala Kapuas sejak 2003 sampai dengan sekarang.

Motivasi beliau selama menjalani kehidupan yaitu tawakal dan bersyukur, karena tawakal adalah salah satu konsep keyakinan yang penting untuk ditanamkan dalam diri seorang diri manusia dimana menyandarkan diri sepenuhnya kepada Allah dan menjadikan hidup terasa ringan, meski beban hidup dan tumpukan masalah yang dihadapi. Serta bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, tak perlu iri pada pekerjaan/penghasilan/gaji/usaha/rezeki orang lain.

“Whosoever puts his trust in Allah then He will suffice him”, (dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. – (Q.S At-Talaq: 3).

“Bravo PA Kuala Kurun!” (NV - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media