header pta Baru

Menggali Wawasan Hukum: Materi Terakhir Aldi Aliansyah, S.H. Untuk Mahasiswa/I Magang Fakutas Syariah IAIN Palangka Raya

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 54Posted in Kuala Kurun

Menggali Wawasan Hukum: Materi Terakhir Aldi Aliansyah, S.H. Untuk Mahasiswa/I Magang Fakutas Syariah IAIN Palangka Raya

Berita PA KKn

Kuala Kurun, 31 Januari 2024- Pada hari Rabu, 31 Januari 2024, di ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kurun, IAIN Palangka Raya melanjutkan program pengenalan materi bagi mahasiswa/i magang. Materi kali ini menjadi puncak acara dengan presentasi dari Mohammad Aldi Aliansyah, S.H., seorang Calon Hakim yang berdedikasi di Pengadilan Agama Kuala Kurun.

Dalam presentasinya, Aldi menyampaikan materi yang sangat relevan dengan perkembangan sistem peradilan masa kini. Fokus utama materi melibatkan Gugatan Mandiri, E-court, dan Register Elektronik. Mahasiswa/i magang diajak untuk menyelami dunia hukum modern yang semakin menggantungkan diri pada teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas.

Pengantar materi tidak hanya berhenti pada aspek teknis, tetapi juga membahas peran penting Hakim dalam menjaga integritas dan keadilan dalam sistem peradilan. Aldi memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana fungsi Hakim dalam Pengadilan.

Empat jenis perkara utama yang sering ditemui di Pengadilan Agama Kuala Kurun, yakni Cerai Gugat, Cerai Talak, Itsbat Nikah, dan Dispensasi Nikah, menjadi fokus berikutnya. Aldi memaparkan secara rinci setiap kasus, memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa/i tentang kompleksitas dan variasi dalam ruang lingkup hukum keluarga.

Sesi ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengulang dan merenung tentang materi-materi yang sudah mereka pelajari dalam beberapa minggu terakhir. Aldi dengan sabar menjawab pertanyaan dan memberikan klarifikasi, menciptakan suasana interaktif yang penuh semangat.

Dengan penutupan sesi ini, diharapkan mahasiswa/i magang di IAIN Palangka Raya telah dilengkapi dengan pengetahuan yang kokoh dan pemahaman mendalam tentang aspek-aspek kunci dalam sistem peradilan, khususnya di Pengadilan Agama Kuala Kurun. Kesempatan ini diharapkan menjadi landasan bagi para mahasiswa/i dalam mengejar karier mereka di dunia hukum.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (NH – TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media