header pta Baru

Mahasiswa/I Magang IAIN Palangka Raya Belajar Memahami Penggunaan SIPP dan Upload Putusan

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 41Posted in Kuala Kurun

Mahasiswa/I Magang IAIN Palangka Raya  Belajar Memahami  Penggunaan SIPP dan Upload Putusan

rr

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun, Selasa, 23 Januari 2024 – Bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kurun, Mahasiswa/I Magang (Praktik Kemahiran Hukum) dari Fakultas Syariah IAIN Palangkaraya mendapatkan tambahan materi kelima dari Ma’mun,S.H. Selaku Panitera Muda Hukum Pada Pengadilan Agam Kuala Kurun.

Dalam Pertemuan ini Mahasiswa/I magang menerima materi tentang penggunaan aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) dan cara mengupload Perkara Serta putusan pada aplikasi SIPP tersebut.

Dalam Pertemuan ini Ma’mun menjelaskan apa saja yang ada didalam aplikasi SIPP itu ada cara mengupload gugatan, melihat jumlah perkara yang masuk, jadwal sidang, sampai juga putusan. Serta juga di dalam SIPP terdapat data baik itu permohonan, gugatan, dispensasi nikah, itsbat nikah, wasiat, dan waris yang telah terkoneksi sampai pada bagian Badilag (Badan Peradilan Agama) Mahkamah Agung RI.

Dalam pertemuan ini juga beliau menceritakan sedikit sejarah adanya SIPP ini yang bermula dari ide salah satu pegawai pada Pengadilan Agama yang ingin membuat digitalisasi pada peradilan agama yang Bernama aplikasi SIADPA (Sistem Informasi Administrasi Perkara Peradilan Agama)

Beliau juga menambahkan bahwa pada Pengadilan Agama Kuala Kurun juga ada membuat beberapa terobosan secara daring (dalam jaringan) seperti APDIS (Aplikasi Disposisi Surat Dinas), PTSP Online, PEREKAT (Pembuatan Rekening Cepat), SIKEREN (Sistem Kehadiran Online PPNPN), dan SIDUDU (Sistem Kependuduakan Terpadu), I-CEPAT (Informasi cepat akurat berbasis whatsapp) dan juga ada beberapa kreatifitas yang dibuat seperti PEMUDA (Pemandu Tamu Datang), Paman Usi (Peminajaman Pakaian Untuk Sidang) dan juga ada satu aplikasi online yang memudahkan para pengguna layanan Pengadilan Agama Kuala Kurun untuk melihat hasil Data Perkara yaitu DESPA (Dokumen Elektronik SIPP PA).

“Dari semua terobosan yang dilakukan oleh Pengadilan Kuala Kurun ini merupakan hasil kersama seluruh jajaran Pegawai Pengadilan Agama Kuala Kurun dengan beberapa Instansi seperti DISDUKCAPIL Kab. Gunung Mas, Dinas Kesehatan Kab. Gunung Mas, Kantor Pos, dan Bank Mandiri serta mendapatkan beberapa penghargaan atas prestasi yang dibuat “Ungkap Ma’mun

Dalam penjelasan penutup beliau mengharapkan agar mahasiswa yang mengadakan kegiatan magang (praktik kemahiran hukum I) di Pengadilan Agama Kuala Kurun bisa memahami cara-cara penggunaan aplikasi tersebut dan bisa mengambil pembelajaran dari apa yang disampaikan.

Program magang ini menjadi bukti nyata dari kerja sama antara IAIN Palangka Raya dan Pengadilan Agama Kuala Kurun untuk mendukung pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda yang aktif, cerdas, dan berkarakter islami serta merdeka dalam belajar.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (RNB – TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media