header pta Baru

Selamat hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun : “Bersatu Bangun Bangsa”

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 233Posted in Kuala Kurun

Selamat hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun : “Bersatu Bangun Bangsa”

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang ditanda tangani oleh Ir. Soekarno. Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting dan sebagai awal berdirinya Negara Kemerdekaan Indonesia. Pada awal perjuangan kemerdekaan yang masih ditandai dengan perjuangan yang terhimpun dalam perhimpunan yang bersifat kedaerahan yang diantaranya yaitu Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Ambon dan himpunan pemuda lainnya. Seiring berjalannya waktu, pemuda Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu membentuk perkumpulan dan melawan penjajah tanpa didasari atas dasar ras dan suku, hingga bulan September 1926 terbentuklah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia.

PPPI penggagas dilaksanakannya Kongres Pemuda II 27 Oktober - 28 Oktober 1928, bahasan penting pada kongres ini yaitu mengenai pentingnya persatuan, pendidikan kebangsaan dan nasionalisme. Pada kongres terakhir hari tanggal 28 Oktober 1928 diumumkan rumusan hasil kongres, yang kemudian oleh para pemuda yang hadir, rumusan tersebut diucapkan sebagai sumpah setia yang berbunyi: Pertama, Kami Putra dan Putri Indonesia Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia, Kedua, Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia, Ketiga, Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Pimpinan dan seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Kuala Kurun mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94, sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan tahun ini yaitu ‘Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

"Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan dating. Dimana semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya,” ujar Rasyid Rizani selaku Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II

 “Bravo PA Kuala Kurun!” (UN - TI)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media