header pta Baru

230. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua PA Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Posted in Kuala Kapuas

Written by PA Kuala Kapuas on . Hits: 290Posted in Kuala Kapuas

 

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Kamis (08/09/2022) pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya dilaksanakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil KPTA Palangka Raya, para Hakim Tinggi dan beberapa Ketua PA yang ada di Kalimantan Tengah, yang dihadiri langsung oleh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA Palangka Raya, Ketua, Panitera dan Sekretaris  Pengadilan Agama Se Kalimantan Tengah serta undangan lainnya.

Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas yang baru Dr. Muhammad Kastalani. S.H.I., M.H.I., dilantik dan diambil sumpahnya, yang mana sebelumnya yang bersangkutan adalah sebagai Ketua Pengadilan Agama Sampit, kemudian mendapatkan promosi dan mutasi sebagai Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh KPTA Palangka Raya Drs. H. Sudirman S. S.H., M.H Pelantikan ini berlangsung dengan khidmat dan juga telah menerapkan protokal kesehatan.

Selain Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas turut pula dilantik 8 orang Hakim Tinggi dan 5 Ketua Pengadilan Agama di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, yaitu: Dr. H. Suhadak, S.H., M.H sebagai Wakil Ketua PTA Palangka Raya, H. Mansur, S.H, sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Dr. Mustar, M.H sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Drs. H. Uu. Abd. Haris, M.H sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Drs. H. Mashudi, M.H sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Dr. Dra. Hj. Isti’anah, M.H sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Dra. Aisyah, M.H.I sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Dra. Hj. Siti Aisah M.H sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Drs. Asep Mujtahid, M.H sebagai Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Drs. H. Alpian, S.H., M.H.I sebagai Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Kelas I A, H. Subhan, S.Ag., S.H. sebagai Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun Kelas I B, Iman Hilman Al Farisi, S.H.I sebagai Ketua Pengadilan Agama Nanga Bulik kelas II dan Indra Purnama Putra, S.H.I., S.H sebagai Ketua Pengadilan Agama Sampit Kelas II.

Dalam sambutannya, Ketua PTA Palangka Raya menyampaikan “bahwa rotasi mutasi dan promosi dalam sebuah organisasi adalah hal biasa terjadi, tujuannya adalah untuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia khususnya pejabat yang bersangkutan”. Beliau juga menyampaikan bahwa jabatan hakim tinggi merupakan jabatan yang mulia dan sempurna, oleh karena itu perlunya menguasai pedoman kode etik perilaku hakim yang mencerminkan pejabat Negara.

Terakhir beliau juga menghimbau agar penanganan dan pemutusan perkara oleh Hakim Tinggi ataupun hakim tingkat pertama lebih kritis untuk menelaah, menilai dan memutus perkara yang diajukan. Khususnya hakim banding tidak sekedar menguatkan ataupun mengejar target jumlah perkara yang ditangani, akan tetapi memutuskan sikap yang tegas terhadap putusan tingkat pertama. Lebih lanjut ketua PTA Palangka Raya berharap kepada seluruh hakim tinggi serta ketua PA tingkat pertama yang dilantik agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta terus mempertahankan prestasi yang telah diraih. (nv)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media